Wow! Sebelum Jadi Kebun Bintang, TSTJ Solo Ternyata Arena Motocross Lur

Sebelum menjadi kebun binatang seperti sekarang ini, TSTJ Solo ternyata pernah menjadi arena sirkuit motocross yang menggelar event nasional maupun internasional.

 Anak-anak bermain wahana motorcross mini di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Kecamatan Jebres, Solo, Minggu (26/6/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Anak-anak bermain wahana motorcross mini di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Kecamatan Jebres, Solo, Minggu (26/6/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Kalangan milenial mungkin tak banyak yang tahu bahwa kawasan Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ Solo ternyata pernah menjadi bagian dari sirkuit motocross sebelum menjadi kebun binatang.

Sejumlah kompetisi nasional sampai internasional pernah meramaikan sirkuit itu. Hal itu diungkapkan Manajer Pemasaran TSTJ Solo, Nonot Harwanto, 53, saat diwawancarai Solopos.com, Minggu (26/6/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Nonot menjelaskan sirkuit motocross itu dibangun pada 1975 dan diresmikan satu tahun berikutnya. Lintasannya meliputi kawasan yang kini menjadi kebun binatang sampai selatan Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr Arif Zaenuddin Solo atau lokasi proyek pembangunan taman rekreasi air.

“Kompetisinya tingkat nasional dan Asia Tenggara. Saya menonton waktu SMP, sama bapak,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (27/6/2022). Selain kompetisi, lanjutnya, arena motocross di lokasi yang sekarang jadi kebun binatang TSTJ Solo dipakai untuk latihan.

Dia mengatakan salah satu inisiatornya adalah Gembong Supriyanto yang saat berusia 69 tahun. Gembong memiliki jaringan relasi di kalangan pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) waktu itu.

Baca Juga: Sepekan Jelang Ditutup Sementara, TSTJ Solo Ramai Dikunjungi Wisatawan

Nonot menjelaskan kawasan kebun binatang TSTJ awalnya merupakan permakaman kemudian ada pemindahan badan pada makam sebelum dibangun lintasan motocross oleh PT Bengawan Permai.

Taman Rekreasi dan Hiburan

Berdasarkan laman resmi Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya, PT Bengawan Permai mengelola Taman Jurug pada 1975. PT Bengawan Permai memfungsikan taman tersebut sebagai taman rekreasi dan hiburan keluarga dengan mengandalkan lansekap alam dan sarana permainan anak-anak.

Namun sejak 1983, Taman Jurug berbenah dengan menambahkan wisata satwa sebagai salah satu daya tariknya hingga menjadi kebun binatang TSTJ Solo seperti sekarang. Hal ini dilakukan akibat dari perluasan Stadion Sriwedari yang membuat keberadaan Kebun Binatang Sriwedari warisan Paku Buwono X harus dipindahkan.

Baca Juga: Tenang, Taman Keceh-Panggung Hiburan Tetap Buka Saat TSTJ Solo Dirombak

Untuk mengelola Taman Jurug dibentuk Yayasan Bina Satwa Taruna dan nama Taman Jurug diganti menjadi Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ. Pada 1997, TSTJ dikelola PT Solo Citra Perkasa sebagai investor. Lalu Pemerintah Kota Solo mengambil alih pengelolaan TSTJ pada 2000.

Pemkot Solo membentuk tim pengelolaan sementara dengan unsur dari Dinas Pertanian dan Dinas Pariwisata, Aset Daerah dan Hukum sampai 2002. Pengelolaan TSTJ diserahkan pada Unit Pengelola TSTJ pada 2006.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.

      Bak Model, Puluhan ODGJ Ikut Fashion Show di Griya PMI Peduli Solo

      Puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ penghuni Griya PMI Peduli di Mojosongo, Solo, bergaya bak model di acara fashion show memeriahkan HUT RI.

      Sambut HUT RI, Warga Krakitan Klaten Bikin Es Puter Merah Putih

      Warijo, 62, berjualan es puter di Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Minggu (14/8/2022) siang.

      Fix! Lapangan Pringgodani Wonogiri Jadi Lokasi Upacara Kemerdekaan RI

      Pemerintah Kabupaten Wonogiri memastikan akan melaksanakan upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan RI di Lapangan Pringgondani, Wonokerto, Wonogiri, Rabu (17/8/2022).

      Gara-Gara Internet! Dusun Jembul Wonogiri Tak Lagi Merasa Terpencil

      Sebanyak 84 keluarga di Dusun Jembul, Desa Pasekan, Kecamatan Eromoko, Wonogiri, setidaknya dapat bernafas lega.