Wow, Satu Halaman Komik Jadul Spiderman Laku Rp48 Miliar

Satu halaman komik Spiderman yang diterbitkan pada tahun 1984 terjual dengan rekor seharga 3,36 juta dolar AS atau sekitar Rp48 miliar.

 
Gambar yang disediakan oleh Heritage Auctions ini menunjukkan bagian halaman dari komik Marvel tahun 1984 "Secret Wars No. 8", yang menceritakan asal-usul kostum hitam Spiderman yang sekarang menjadi ikon. (ANTARA/HO-Heritage Auctions/ha.com)

SOLOPOS.COM - Gambar yang disediakan oleh Heritage Auctions ini menunjukkan bagian halaman dari komik Marvel tahun 1984 "Secret Wars No. 8", yang menceritakan asal-usul kostum hitam Spiderman yang sekarang menjadi ikon. (ANTARA/HO-Heritage Auctions/ha.com)

Solopos.com, TEXAS — Satu halaman komik Spiderman yang diterbitkan pada tahun 1984 terjual dengan rekor seharga 3,36 juta dolar AS atau sekitar Rp48 miliar dalam sebuah acara lelang di Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (13/1/2022) waktu setempat.

PromosiIni Alasan Maluku Utara Jadi Provinsi Paling Aman di Indonesia

Halaman 25 dari komik Secret Wars No. 8 Marvel Comics itu digambar oleh Mike Zeck. Halaman tersebut menunjukkan penampilan pertama Spider-Man dalam kostum hitam. Setelan symbiote pada akhirnya akan mengarah pada munculnya karakter Venom.

Menurut laporan Associated Press, penawaran lelang dimulai dengan harga 330.000 dolar AS (Rp4,7 miliar), kemudian melonjak melampaui 3 juta dolar AS.

Rekor untuk halaman komik AS sebelumnya dipegang oleh The Incredible Hulk edisi 1974 seharga 657.250 dolar AS (Rp9,4 miliar). Halaman komik itu menggambarkan penampilan pertama Wolverine.

Baca Juga: Spider-Man No Way Home Berhasil Jual Tiga Juta Tiket dalam 24 Jam 

“Kolektor membeli nostalgia mereka, jadi alih-alih membeli, Anda tahu, karya seni kontemporer, inilah dia. Mereka lebih suka memiliki (halaman ini) karena berbicara kepada mereka lebih dari sekadar karya seni kontemporer,” kata wakil presiden Heritage Auctions, Joe Maddalena, dikutip Antara dari Sky News.

Masih pada hari yang sama, salah satu dari sedikit salinan yang masih ada dari debut Superman, Action Comics No. 1, juga berhasil terjual seharga 3,18 juta dolar AS (Rp45,5 miliar). Harga tersebut menjadikan Action Comics No. 1 termasuk di antara komik-komik paling mahal yang pernah dilelang.

Menurut The Hollywood Reporter, selain komik debut Superman itu, ada pula komik edisi penampilan pertama Spiderman Amazing Fantasy No. 15 yang terjual seharga 3,6 juta dolar AS (Rp51,5 miliar) pada September 2021.

Dua salinan Action Comics oleh CGC, layanan yang mengotentikasi kondisi komik, dengan nomor kondisi 8.5 telah dijual seharga 3,25 juta dolar AS (Rp46,5 miliar) pada April 2021 dan nomor 9.0 seharga 3,2 juta dolar AS (Rp45,8 miliar) pada Agustus 2014.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Sejarah Hari Ini: 28 Januari 1871 Pengepungan Paris Berakhir

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 28 Januari.

Jokowi Dorong G20 dan B20 Aktif di Pemulihan Ekonomi Global

Presiden mengatakan Covid-19 mengajarkan pada semua pihak bahwa pandemi bukan hanya menjadi masalah namun sekaligus menjadi peluang untuk tumbuh lebih baik.

Disebut Tempat Jin Buang Anak, Kalimantan Lebih Kaya dari Jawa

Jin buang anak merujuk kepada istilah untuk menunjukkan suatu daerah yang jauh dari keramaian, sepi, dan terbelakang dari sisi ekonomi.

Salim Said: Jokowi Dikuasai Oligarki, Praktikkan Nepotisme

salah satu bentuk ketidakberdayaan Jokowi menghadapi oligarki adalah diberikannya kekuasaan yang sangat besar kepada Luhut Binsar Panjaitan.

Kian Banyak Kritikan, Ini Curahan Hati Ustaz Yusuf Mansur

Salah satu yang disoroti Yusuf Mansur adalah kian banyaknya akun di media sosial yang mengkritik dirinya.

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Jos! Polri Sita Aset BLBI Senilai Rp5,9 Triliun

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, total aset tersebut berupa pengamanan dan penguasaan fisik dari aset yang dimiliki oleh obligor atau debitur dana BLBI.

60 Pegawai Positif Covid-19, Kemensos Lockdown 5 Hari

Kemensos pun memberlakukan pengaturan hari kerja pegawai untuk bekerja di rumah mulai Kamis (27/1/2022) hingga Senin (31/1/2022).

Wow! Logam Lumpur Lapindo Cocok untuk Pesawat Luar Angkasa

Kandungan logam lumpur Lapindo bisa dimanfaatkan untuk pembuatan mobil listrik hingga pesawat luar angkasa.

Sering Dikritik, Yusuf Mansur Doakan Yang Terbaik untuk Edy Mulyadi

Edy Mulyadi adalah salah satu orang mengkritik investasi Yusuf Mansur yang kini digugat sebagian investor.

Kasus Jin Buang Anak, Polisi Hadirkan 8 Saksi Ahli

Kasus jin buang anak yang menjerat wartawan senior sekaligus seorang Youtuber, Edy Mulyadi telah bergulir ke tingkat penyidikan.

Kongkalikong Bupati Kotim dan Dirjen Kemendagri di Korupsi Dana PEN

Dirjen Kemendagri memiliki kewenangan menyusun surat pertimbangan Menteri Dalam Negeri atas permohonan pinjaman dana PEN yang diajukan oleh pemerintah daerah.

Foto Airlangga-Khofifah Beredar, Pengamat: Tes Ombak

Kelompok tertentu ingin mengetes ombak untuk melihat sejauh mana respons publik terkait dengan bakal pasangan calon pada Pilpres 2024.

Ahok Calon Kuat Kepala Otorita Ibu Kota Negara

Ahok menjadi calon kuat yang diusulkan PDIP kepada Presiden Joko Widodo.

Dalit, Kasta yang Haram Disentuh dalam Stratifikasi Masyarakat India

India hingga saat ini menjadi negara yang masih menerapkan sistem kasta dari kepercayaan tua agama Hindu.

Buntut Tragedi Maut Diskotik Sorong, 2 Orang Ditahan

Penyidik masih mencari pelaku lainnya, termasuk otak dari aksi pertikaian yang memicu tragedi diskotik di Sorong.