SOLOPOS.COM - Ilustrasi/peabodyst.com

Ilustrasi/peabodyst.com

JOGJA-Pada 2013 rencana investasi yang akan ditanam di DIY diprediksi senilai Rp1,4 triliun. Proyek pembangunan masih didominasi sektor jasa pariwisata.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Kepala Badan Kerja sama dan Penanaman Modal (BKPM) DIY Dominicus Pratikto kepada Harian Jogja, Kamis (6/12/2012) menyatakan, hingga saat ini sudah ada 51 proyek pembangunan yang akan masuk ke DIY dengan nilai investasi mencapai Rp1,4 triliun. Dari total rencana investasi itu, realisasi investasi berupa pembangunan pada 2013 tercatat sebesar Rp300 miliar lebih.

“Kalau Rp1,4 triliun itu mereka yang sudah mengajukan namun izin belum beres, misalnya baru dapat izin prinsip tapi izin lainnya belum. Sedangkan kalau realisasi investasi berarti memang sudah selesai semua izinnya pembangunan siap dilaksanakan di 2013,” katanya.

Realisasi investasi pada 2013 dipastikan lebih besar dibanding tahun ini yang hanya Rp276,4 miliar. Sebanyak Rp191 miliar di antaranya merupakan Penanaman Modal Asing (PMA).

Dominicus menambahkan, hingga 2013 mendatang sektor jasa seperti hotel dan restoran masih mendominasi investasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan manufaktur justru sangat sedikit. “Manufaktur ada tapi sedikit,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya