SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Kota Semarang mengalokasikan dana Rp12 miliar untuk membiayai The FIM Motocross World Championship (MXGP), kejuaraan dunia motocross yang akan digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat-Minggu (12-14/7/2019).

Alokasi dana yang diminta eksekutif Pemerintah Kota Semarang itu diungkapkan Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/7/2019). “Anggaran Rp12 miliar, yang saya dengar sekitar Rp10 miliar untuk membayar lisensi MXGP,” ungkap Supriyadi.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Menurut dia, pengalokasian dana untuk MXGP tahun 2019 ini berbeda dari tahun sebelumnya yang berbentuk hibah untuk Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kota Semarang. Penganggaran pada tahun ini dialokasikan untuk Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Semarang.

Dengan demikian, kata dia, pengawasan atas penggunaan anggaran negara tersebut akan lebih mudah. “Beda dengan 2018 yang hibah untuk IMI yang saya dengar pertanggungjawabannya belum masuk,” kata politikus PDIP tersebut.

Dengan mekanisme penganggaran ini, lanjut dia, pemerintah kota bisa menggandeng sponsor atau pihak ketiga dalam pembiayaan. Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan total anggaran daerah yang dikucurkan untuk penyelenggaraan MXGP tersebut mencapai Rp26 miliar.

Selain alokasi dari APBD, kata dia, pembiayaan yang berasal dari dana pemerintah itu juga berasal dari penjualan tiket dan sponsor. “Diharapkan pendapatan dari tiket sekitar Rp5 miliar sampai Rp6 miliar, kemudian Rp3 miliar hingga Rp5 miliar dari sponsor,” katanya.

Ia menegaskan seluruh pendapatan dari tiket dan sponsor tersebut harus masuk ke dalam kas daerah. MXGP 2019 akan digelar di Sirkuit BSB Mijen, Kota Semarang, pada 12 hingga 14 Juli 2019.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya