SOLOPOS.COM - Pepper robot yang memiliki perasaan (MIrror)

Solopos.com, TOKYO–Pembuatan robot selalu mengalami inovasi, salah satunya robot ini yang memiliki hati dan perasaan serta dapat menari seperti halnya manusia.

Perusahaan robot Jepang, Softbank, telah mengembangkan robot yang bernama Pepper berhasil mengembangkan robot yang diklaim bisa membaca emosi manusia karena mempunyai hati dan perasaan. Robot ini akan dilempar di pasaran seharga 198.000 yen atau sekitar Rp23 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Manusia yang tidak mempunyai hati dan perasaan disindir oleh robot ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia, kami persembahkan robot dengan hati dan perasaan,” kata CEO Softbank, Masayoshi Son, seperti dicatut dari mirror.co.uk Minggu (8/6/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Robot ini menggunakan sistem yang disebut ‘mesin emosi’ dan sistem kecerdasan buatan berbasis cloud. “Mesin dan sistem yang diaplikasikan pada robot ini mampu menganalisis gerak tubuh, ekspresi, dan nada suara,” ungkap Son.

“Selain bisa berkomunikasi layaknya berbicara dengan teman dan keluarga, robot ini juga mampu melakukan berbagai macam tugas dan fungsi. Kami menamainya Pepper,” imbuh Son.

Pada awal penjualan robot ‘berperasaan’ ini, Softbank akan menghadirkan robot ini di dua toko sehingga konsumen bisa berinteraksi. Dalam tahap selanjutnya, semua toko Softbank akan dilengkapi dengan robot Pepper.

Jepang memang merupakan negara produsen terbesar untuk pasar robot di dunia. Pasar robot sendiri diprediksi bernilai US$8,4 miliar di 2012.

Dengan banyaknya populasi orang tua disertai rasio kelahiran yang rendah, kebutuhan akan robot diharapkan meningkat di masa depan. Tidak hanya para pebisnis yang membutuhkan robot, tapi juga rumah tangga.

Sebelumnya, Honda telah meluncur dengan Asimo. Begitu juga dengan ActiveLink, anak perusahaan Panasonic, melakukan penelitian dan pengembangan robot.

Dalam mengembangkan robot, Softbank tidak sendirian. Mereka bekerja sama dengan perusahaan Prancis, Aldebaran Robotics. Pada 2012 lalu, Sofbank pernah menanam saham di Aldebaran dengan porsi terbanyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya