Wow! Rayakan HUT ke-75 RI, Warga Colomadu Karanganyar Lukis Jalan Sepanjang 600 Meter
Warga melintas di jalan yang dilukis bertema bahari di Dusun Gawanan Timur, RT 001/ RW 006, Gawanan, Colomadu, Karanganyar, Rabu (5/8/2020). (Istimewa-Kadus Gawanan Timur, Pur Dwiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR - Warga Gawanan Timur RT 001/ RW 006, Gawanan, Colomadu, Karanganyar, merayakan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dengan cara berbeda di tengah wabah Covid-19. Mereka memilih menggambar tiga dimensi di tiga ruas jalan kampung dengan total panjang 600 meter.

Lukisan di jalanan tersebut tampak bagaikan sungai berwarna biru diisi gambar-gambar ikan. Memang warga memilih tema bahari yang dibuat secara swadaya oleh bapak-bapak muda di lingkungan tersebut. Gambar ikan-ikan koi terlihat seperti berenang ke sana ke mari dihiasi beberapa gambar pohon-pohon.

Kadus Gawanan Timur, Pur Dwiyanto, bercerita ide dan konsep lukisan di jalan berasal dari dua warga di daerah tersebut. Setelah mengetahui jalan kampung yang digambar menjadi bagus, warga lainnya kemudian ikut membantu secara swadaya menggambar dengan tema yang sama di jalan di depan rumah masing-masing. Hasilnya, gambar bertema bahari sepanjang total 600 meter sukses menghiasi jalanan Dusun Gawanan Timur.

Hebat! Salatiga Siapkan Rp2,4 Miliar per Bulan untuk Kuota Internet Siswa

“Semuanya swadanya masing-masing. Mereka kerja bakti. Prosesnya dimulai sejak dua pekan lalu dan baru saja selesai hari ini. Karena ini di tiga ruas jalan masing-masing 200 meter panjangnya. Jadi kalau ditotal panjangnya bisa sekitar 600 meter,” beber dia kepada Solopos.com, Rabu (5/8/2020).

Pur menjelaskan aksi menggambar jalan merupakan bentuk ekspresi dari warga sebagai ganti tidak ada perayaan panggung, tirakatan, dan lomba di wilayah tersebut akibat pandemi Covid-19. Sehingga, lukisan itu diharapkan bisa mewakili rasa cinta warga terhadap negara.

 

Kreatif

“Ini sebenarnya bentuk ekspresi seni yang dituangkan oleh warga karena di wilayah kami kan anjurannya memang tidak mengadakan tirakatan. Jadi warga inisiatif membuat ini sebagai ganti untuk merayakan HUT RI dengan cara yang berbeda,” terang dia.

Gara-Gara Belajar Daring, Siswi SMAN Kerjo Karanganyar Nangis dan Uring-Uringan

Kades Gawanan, Murdiyanto, mengatakan mengapresiasi ekspresi seni yang dituangkan warga di jalanan untuk merayakan HUT RI. Menurutnya, lukisan di jalan tersebut bisa dinikmati oleh semua orang.

“Memang karena kondisi saat ini sesuai anjuran Pemkab Karanganyar dan Pemcam Colomadu memang sebisa mungkin tidak merayakan [HUT RI] dengan tirakatan, begadang dan lainnya. Ini bagus dan warga lainnya juga sudah mulai memikirkan perayaan lainnya dengan cara kreatif di Gawanan di tengah wabah Covid-19 ini,” tutur dia.

Wali Kota Salatiga Gagas Gerakan Sehari Tanpa Nasi, Ini Tujuannya…



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom