SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja Kain Lukis Nasrafa, Solo, tengah menyelesaikan pesanan dari Jepang, belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Produk kain lukis UMKM Solo, Nasrafa, pada akhir Maret 2022 mulai dipasarkan di Osaka, Jepang. Saat ini Nasrafa Solo tengah mempersiapkan produk andalannya itu untuk dikirimkan ke Jepang.

Pemilik usaha Nasrafa, Yani Mardiyanto, mengatakan produk dari Kain Lukis Nasrafa yang dipesan buyer dari Jepang, di antaranya tas goni lukis, topi lukis, dan pouch lukis. Yani mengatakan produk-produk tersebut sebelumnya sudah lolos tahap kurasi dari buyer.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Baca Juga: Selamat, Kain Lukis Nasrafa Solo akan Dianugerahi Paramakarya 2021

“Produk kami sudah lolos kurasi dari buyer Jepang. Kami difasilitas oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah serta ITPC [Indonesian Trade Promotion Center] Osaka,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (6/3/2022).

Saat ini UMKM asal Solo tersebut tengah mempersiapkan produk kain lukis untuk memenuhi permintaan buyer di Jepang. Direncanakan pada 21 Maret 2022, barang yang dipesan akan dikirim ke Jakarta dulu.

Baca Juga: Keren, Produk Kain Lukis UMKM Solo Ini Mampu Tembus Pasar Jepang

Baru pada 25 Maret 2022 dilanjutkan dikirim ke Osaka, Jepang. “Pada 27 Maret 2022 nanti sudah mulai in store promotion Japan 2022,” kata Yani.

Untuk pengiriman pertama, total ada sekitar 300 unit barang yang terdiri dari tas goni lukis, pouch lukis, kain tenun, dan topi goni. Ia berharap produk-produk tersebut diminati konsumen di Jepang.

Baca Juga: Geliatkan UMKM Soloraya, OJK Solo Dorong Optimalisasi Peran TPAKD

Dengan begitu kerja sama dengan buyer Jepang dapat terus berlanjut. Nasrafa merupakan UMKM asal Solo yang berdiri 2012 lalu dengan produk khas, yakni kain lukis. Bentuk dari kain lukis tersebut dapat berupa payung, kemeja, pakaian wanita, jilbab, tas dan sebagainya.

Selain Jepang, Nasrafa sudah ada komunikasi dengan dua atase di negara lain untuk penjualan produk Nasrafa. “Sudah ada dua ITPC, yakni dari Manila dan Atase Perdagangan Bangkok, mulai ada komunikasi, untuk dipasarkan ke sana,” kata Yani, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya