Tutup Iklan

Wow! Pria Karanganyar Ini Ubah Motor Lawas Jadi Bernilai Puluhan Juta Rupiah

Gara-gara hobi, pria Karanganyar, Nanang Wahyu Kristian, sukses memoles motor lawas menjadi baru dan tetap orisinal. Harga motor rekondisi garapannya tembus Rp70 juta.

Wow! Pria Karanganyar Ini Ubah Motor Lawas Jadi Bernilai Puluhan Juta Rupiah

SOLOPOS.COM - Motor restorasi karya warga palur, Karanganyar, Nanang Wahyu Kristian, yang dipamerkan di Diamon Convention Center, Januari 2019./Solopos-Bayu Jatmiko Adi.

Solopos.com, SOLO - Tidak sedikit hobi yang mendatangkan rezeki dalam bentuk materi. Begitu juga dengan warga Palur, Sukoharjo, Nanang Wahyu Kristian, yang gemar memoles motor lawas menjadi baru lagi alias rekondisi. Januari 2019 lalu, Solopos.com menemui Nanang pada acara Solo Wheels Expo di Diamond Convention Center.

Beberapa koleksi Nanang dipajang di pameran tersebut. Ada F1ZR Marlboro Special Edition dan versi Caltex. Ada juga Yamaha 125 Z. Dari keterangan yang tergantung pada setang setiap motor, kendaraan tersebut merupakan kendaraan tahun 2000-an yang telah direstorasi total. Restorasi yang dilakukan Nanang sangat detail. Sampai-sampai pin penutup pangkal baut pun masih terpasang dan terlihat mulus. Bagian bawah jok motor juga masih mengilat.

Butuh waktu lama untuk mengubah motor lawas menjadi baru lagi. Rata-rata kendaraan-kendaraan tersebut direstorasi selama dua hingga tiga bulan. Menurut Nanang, waktu pengerjaan tergantung dari mudah tidaknya mengumpulkan spare part yang diperlukan. Sebab, menurut dia tidak mudah menemukan spare part motor-motor tersebut saat ini. Namun, dia memastikan dengan berbagai upayanya dalam berburu spare part, kendaraan yang dikoleksinya tersebut masih orisinal.

"Istilahnya saya remajakan lagi tapi tidak mengurangi orisinalitasnya. Untuk rangka saya repaint," kata pemilik bengkel Tian NK tersebut. Kegiatan tersebut sudah dia jalani sejak tiga tahun lalu.

Dia mengaku butuh anggaran lebih dari Rp20 juta untuk merestorasi satu unit kendaraan. Awalnya dia melakukan kegiatan tersebut karena untuk koleksi atau sekadar memenuhi hobi. Namun, seiring berjalannya waktu ada beberapa rekannya yang juga kolektor menginginkan barang motor restorasi karyanya.

Nanang mengaku sudah menjual tujuh unit sepeda motor hasil karyanya. Untuk harga jual kendaraan bervariasi. Ada yang ditawarkan Rp35 juta, ada juga yang sampai Rp70 juta. Orisinalitas menjadi kelebihan motor karya Nanang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.