Tutup Iklan
Wow, Pohon Sakura di Tawangmangu akan Ditambah Jadi 90 Batang
Bunga sakura mekar di tempat wisata kawasan Cemara Kandang, Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (21/12/2019). (Solopos-Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR--Pohon sakura yang ditanam di Cemara Kandang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, akan ditambah lagi.

Pohon sakura di Cemara Kandang saat ini ditanam di kompleks Taman Sakura Lawu (Sakral) dan Bukit Sakura Lawu.

Dua lokasi itu menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi orang-orang yang ingin melihat bunga sakura dari dekat. Mereka tidak perlu pergi ke Negeri Sakura di Jepang. Saat ini ada 60 pohon sakura yang ditanam di dua lokasi itu.

Banyak Pohon Sakura, Tawangmangu Karanganyar Berasa di Jepang

Administratur Perum Perhutani KPH Surakarta, Sugi Purwanta, menyampaikan sudah ada 60 pohon sakura di kawasan Cemara Kandang. Sugi menyampaikan Perum Perhutani menyediakan lahan 5 hektare (ha) di kompleks Taman Sakral dan 3 ha di Bukit Sakura Lawu. Tetapi baru 1 ha yang sudah dikembangkan.

"Sudah ditanam 60 pohon pada awal 2018. Luasan yang kami sediakan 5 ha. Yang sudah dikembangkan 1 ha. Hla ini dalam beberapa hari ke depan akan dilakukan penanaman lagi sekitar 30 pohon sakura lagi," kata Sugi saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (11/7/2020).

Bibit 30 pohon sakura didatangkan dari Kebun Raya Cibodas di Cianjur, Jawa Barat. Di kebun itu juga terdapat pohon sakura yang ditanam sejak lama. Sugi menyampaikan jenis pohon sakura yang ditanam di Cibodas dengan di Tawangmangu sama.

Buru Djoko Tjandra, Mahfud Md Hidupkan Lagi Tim Pemburu Koruptor

"Bibit sudah datang dari Kebun Raya Cibodas. Sakura jenis yang sama," ujar dia.

Dia menyampaikan sejumlah peneliti dari stakeholder terkait masih melakukan penelitian terhadap pohon dari Jepang itu. Penelitian seputar kecocokan lokasi, kemampuan berbunga, dan lain-lain.

 

Apresiasi Menteri

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, mengapresiasi keberadaan pohon khas Jepang, sakura, di sekitar Cemara Kandang, Tawangmangu. Pohon khas dari negara yang mendapat julukan negeri matahari terbit itu ditanam di wilayah pegunungan Karanganyar sejak awal 2018.

Sudah 10 Orang Ditahan Terkait Latihan Silat Tewaskan Remaja Sukoharjo

"Di sana [Jepang] kan memang adanya [pohon sakura berbunga] di April. Ya kayak gini juga lah udaranya. Kalau dari sisi akurasi dan seni ini baik, yang di Kyoto, saya pernah liat. Ini [Sakura di Tawangmangu] kalau pohonnya sama [dengan yang di Kyoto] dan berkembang seragam bagus banget," ujar Siti Nurbaya saat berbincang dengan wartawan seusai melihat pohon sakura di Taman Sakral, Sabtu (11/7/2020).

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho