SOLOPOS.COM - Ilustrasi PLN (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, BANTUL– Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan membeli Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Pasokan energi alternatif ini dijadwalkan mulai dibangun akhir tahun ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bantul Tri Saktiyana mengatakan Agustus mendatang dijadwalkan penandatanganan kontrak pembelian listrik antara pihak investor yaitu PT. UPC Jogja Bayu dengan PLN. a

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami belum tahu apakah akan dibeli dengan Dollar atau rupiah, biasanya dibeli per Kilo watt hour,” terang Tri Saktiyana akhir pekan lalu seusai menerima kunjungan dari perwakilan PT. UPC Jogja Bayu.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah dibeli PLN, listrik tersebut dapat dijual ke konsumen rumah tangga maupun industri. PLTB rencananya dirancang dengan membangun sebanyak 25 kincir angin yang membentang di sepanjang pesisir selatan Bantul. PLTB itu diyakini mampu menghasilkan energi hingga 50 Mega Watt (MW). Kapasitas sebanyak itu menurut Tri jauh lebih banyak dari kebutuhan listrik se-Kabupaten Bantul saat ini.

“Apalagi sekarang akan berdiri bandara dan industri pasir besi, semua itu butuh energi listrik, listrik yang ada bisa disuplai ke sana,” jelasnya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya