Wow! Persebaya Akhiri Penantian 23 Tahun untuk Menang di Kandang Arema

Persebaya mengalahkan Arema FC dengan skor 3-2 di Stadion Kanjuruhan, Malang.

 Pemain Arema FC, Jayus Hariono (kiri) dan pesepak bola Persebaya Surabaya, Rizki Ridho (kanan), beradu cepat untuk menjangkau bola dalam pertandingan Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022). Persebaya mengalahkan Arema dengan skor 3-2. (Antara/Ari Bowo Sucipto)

SOLOPOS.COM - Pemain Arema FC, Jayus Hariono (kiri) dan pesepak bola Persebaya Surabaya, Rizki Ridho (kanan), beradu cepat untuk menjangkau bola dalam pertandingan Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022). Persebaya mengalahkan Arema dengan skor 3-2. (Antara/Ari Bowo Sucipto)

Solopos.com, MALANG – Persebaya Surabaya meraih sukses laga sekaligus mengakhiri penantian selama 23 tahun untuk menang di kandang Arema. Persebaya mengalahkan Arema FC dengan skor 3-2 pada laga lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/9/2022) malam WIB.

Gol kemenangan Persebaya Surabaya masing-masing dicetak oleh Silvio Junior pada menit ke-8 dan Leo Lelis pada menit ke-32 dan Sho Yamamoto pada menit ke-51. Sementara itu, gol balasan Arema FC dicetak oleh Abel Camara pada menit ke-42 dan melalui titik putih pada menit ke-45.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Meski menguasai jalannya pertandingan, Arema FC justru tertinggal satu gol akibat skema serangan balik yang dimainkan oleh Persebaya. Tendangan keras yang dilepaskan oleh Silvio Junior mampu menaklukkan penjaga gawang Arema FC Adilson Maringa pada menit ke-8.

Arema FC yang tertinggal berupaya untuk menyamakan kedudukan, namun belum ada peluang yang mampu membuka barisan pertahanan Persebaya. Persebaya lebih banyak menunggu di daerah pertahanan dan sesekali mencuri kesempatan melalui skema serangan balik.

Sementara itu, Persebaya kembali mendapatkan peluang pada menit ke-23 melalui tendangan keras Marselino Ferdinan. Namun, tendangan keras dari dalam kotak penalti tersebut masih mampu ditepis Maringa.

Baca Juga: Klasemen Liga 1 Hari Ini: Borneo di Puncak, PSIS Semarang di Atas Persis Solo

Memasuki 15 menit terakhir babak pertama, tensi pertandingan semakin meningkat. Sejumlah pelanggaran terjadi baik dari kubu Arema FC maupun Persebaya.

Bermula dari pelanggaran yang terjadi di luar kotak penalti, umpan dari tendangan bebas oleh Higor Vidal yang mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh sundulan Leonardo Lelis dan kembali menaklukkan penjaga gawang Singo Edan pada menit ke-32. Persebaya unggul 2-0 sebelum turun minum.

Menit ke-37, pelatih Arema FC Javier Roca memutuskan untuk menarik Arkhan Fikri dan digantikan oleh Dedik Setiawan.

Menjelang turun minum, berawal dari tendangan sudut pada sisi kanan pertahanan Bajul Ijo, umpan tersebut disambut sundulan Abel Camara dan mampu merobek gawang yang dikawal Satria Tama dan memperkecil ketertinggalan Arema FC dari Persebaya. Kedudukan saat ini 2-1 untuk keunggulan Persebaya.

Pemain Persebaya Leo Lelis mendapatkan kartu kuning pada menit ke-44.

Beri Perlawanan

Pada menit ke-45 Arema FC mendapatkan hadiah tendangan oenalti akibat bola menyentuh tangan pemain Persebaya Alwi. Abel Camara yang mengeksekusi tendangan penalti tersebut mampu kembali merobek gawang Bajul Ijo. Kedudukan imbang 2-2 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Arema FC langsung tampil menekan dan berusaha untuk mendapatkan keunggulan.

Namun, Persebaya juga tidak ingin kecolongan dan memberikan perlawanan. Arema FC mendapatkan peluang melalui tendangan bebas pada menit ke-49, namun tendangan Rizky Dwi masih mampu ditangkap oleh Satria Tama.

Tidak lama berselang, Arema FC kembali harus memungut bola dari dalam gawang setelah pemain Persebaya Sho Yamamoto mampu mencetak gol pada menit ke-51. Arema FC mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan, namun peluang tersebut masih belum bisa dikonversi menjadi gol.

Baca Juga: Mantap! Persipa Pati Petik Kemenangan Kandang Perdana di Liga 2 Musim Ini

Arema FC melakukan pergantian pemain dan memasukkan Johan Alfarizie dan Irsyad Maulana, menggantikan Adam Alis dan Andik Rendika Rama. Arema FC terus tampil menekan untuk menyamakan kedudukan, namun belum membuahkan hasil.

Persebaya melakukan pergantian pemain, Higor Bidal ditarik keluar digantikan Brayen Pondaag. Arema FC memasukkan M Rafli dan Renshi Yamaguchi menggantikan Dendi Santoso dan Evan Dimas.

Pemain Singo Edan Rizky Dwi memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-69, namun tendangannya masih sedikit melebar dari gawang yang dikawal oleh Satria Tama tersebut.

Meski sudah melakukan serangan habis-habisan, Arema FC tidak mampu menyamakan kedudukan dan harus mengakui keunggulan Persebaya dengan skor akhir 3-2. Pada saat berakhirnya pertandingan tersebut, pendukung Arema FC masuk ke lapangan.

Susunan pemain:

AREMA FC

Adilson Maringa, Sergio Silva, Bagas Adi Nugroho, Evan Dimas, Rizki Dwi, Jayus Hariono, Adam Alis, Arkhan Fikri, Andik Rendika Rama, Abel Camara dan Dendi Santoso.
Pelatih Javier Roca

PERSEBAYA SURABAYA

Satria Tama, Leonardo Lelis, Marselino Ferdinan, Higor Vidal, Sho Yamamoto, Rizky Ridho, Koko Ari, Alta Ballah, Alwi Slamat, Silvio Junior dan M Hidayat.
Pelatih Aji Santoso

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Skema 16 Besar Piala Dunia 2022: Jepang vs Kroasia, Maroko vs Spanyol

      Skema babak 16 besar Piala Dunia 2022 mempertemukan Prancis vs Polandia dan Argentina vs Australia seusai laga penyisihan terakhir Grup C dan D pada Rabu (30/11/2022) malam dan Kamis (1/12) dini hari WIB.

      Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022: Jepang di Puncak, Spanyol Runner-up

      —Jepang di luar dugaan menempati posisi pertama klasemen Grup E Piala Dunia 2022 seusai mengalahkan Spanyo 2-1 pada laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha.

      Hasil Piala Dunia 2022: Sensasional! Hajar Spanyol 2-1, Jepang Juara Grup E

      Jepang kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Spanyol 2-1 pada laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha.

      Hasil Piala Dunia 2022: Kalahkan Kosta Rika 4-2, Jerman Tetap Tersingkir

      Jerman dipastikan gagal meraih tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022 untuk kali kedua secara beruntun meskipun mengalahkan Kosta Rika 4-2 pada laga terakhir Grup E di Al Bayt Stadium Al Khor

      Klasemen Akhir Grup F Piala Dunia 2022: Kejutan! Maroko Pertama, Kroasia Kedua

      Kejutan terjadi saat Maroko  mengakhiri penyisihan Grup F Piala Dunia 2022 sebagai juara grup.

      Live Streaming Piala Dunia 2022 Hari Ini: Jepang Vs Spanyol, Bisa Otomatis!

      Pertandingan Jepang Vs Spanyol akan berlangsung pada Jumat (2/12/2022) dini hari ini, mulai pukul 02.00 WIB.

      Live Streaming Piala Dunia 2022 Kosta Rika Vs Jerman, Dipimpin Wasit Perempuan

      Jerman dan Kosta Rika akan menjalani laga hidup mati di Grup E Piala Dunia 2022 dini hari ini.

      Hasil Piala Dunia 2022: Imbangi Belgia 0-0, Kroasia Lolos ke 16 Besar

      Kroasia melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022 seusai bermain imbang 0-0 lawan Belgia pada laga penentuan Grup F di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan.

      Hasil Piala Dunia 2022: Atasi Kanada 2-1, Maroko Tembus 16 Besar  

      Maroko lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Kanada 2-1 pada pertandingan terakhir Grup F  di Al Thumama Stadium Doha.

      Prediksi Skor Jepang Vs Spanyol di Piala Dunia 2022: Wakil Asia Menyerah?

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak Penyisihan Grup E Piala Dunia FIFA 2022 antara Jepang dan Spanyol.

      Prediksi Skor Kosta Rika Vs Jerman di Piala Dunia 2022: Mukjizat Tim Panser

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak Penyisihan Grup E Piala Dunia FIFA 2022 antara Kosta Rika dan Jerman.

      Hasil Babak Pertama, Kroasia vs Belgia 0-0

      Kroasia dan Belgia bermain sama kuat 0-0 pada babak pertama laga penentuan Grup F Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan.

      Mantap! PBSI Kembali Gulirkan Kejurnas Bulu Tangkis, Berhadiah Rp1,1 Miliar

      Kejurnas bulu tangkis PBSI sempat vakum selama pandemi Covid-19.

      Susunan Pemain Kanada vs Maroko, Sama-Sama Pasang 3 Penyerang

      Kanada memasang tiga bek tengah dan menempatkan dua gelandang tengah dalam formasi 3-4-3 dalam susunan starting XI untuk pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia 2022 menghadapi Maroko di Al Thumama Stadium Doha.

      Tak Tergantung Waktu Liga 1 Dimulai, Persis Solo Memilih Tetap Fokus Latihan

      Hingga saat ini belum diketahui pasti tentang waktu pelaksanaan kembali kompetisi Liga 1.

      Susunan pemain Kroasia vs Belgia: Martinez Cadangkan Kapten Eden Hazard

      Kapten Belgia Eden Hazard tidak ada dalam susunan pemain starting XI menghadapi Kroasia pada laga penentuan Grup F Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan.