Tutup Iklan

Wow, Perpustakaan Boyolali Punya 2.500 Koleksi Ebook Gratis

Wow, Perpustakaan Boyolali Punya 2.500 Koleksi Ebook Gratis

SOLOPOS.COM - Pengunjung membaca buku di ruang baca di perpustakaan umum Boyolali di kompleks simpang siaga, (patung kuda), Kamis (8/2/2018). (Akhmad Ludiyanto/JIBI/SOLOPOS)

Perpustakaan Boyolali punya 2.500 koleksi ebook gratis.

Solopos, BOYOLALI—Kini Perpustakaan Boyolali memiliki 2.500 koleksi buku elektronik (ebook). Koleksi ini sebagai pengembangan fasilitas penunjang perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Boyolali kini punya aplikasi iBoyolali. Salah satunya menyediakan ebook yang bisa dibaca secara gratis melalui gawai.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di PlayStore (tertulis iBoyo). Aplikasi iBoyolali ini berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook. Dengan fitur-fitur media sosial pengguna dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain. Mereka dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang dibaca, menyampaikan ulasan buku serta mendapatkan teman baru.

Dengan aplikasi ini membaca ebook di iBoyolali jadi lebih menyenangkan karena peminat baca dapat membaca ebook secara daring maupun luring. (baca: Banyuanyar Boyolali Luncurkan Perpustakaan Online Gratis Bagi Warga)

Kasi Pengembangan pada Dinas Arpus Boyolali Bambang Suratno, mengatakan meski saat ini peminat ebook di iBoyolali tidak sebanyak pembaca buku yang datang langsung ke Arpus, namun ada kecenderungan tumbuh. Maka dari itu, pihaknya terus menambah koleksi ebook.

Saat ini perpustakaan yang berlokasi di jantung kota (simpang siaga patung kuda) ini sudah memiliki sekitar 2.500 ebook. Tahun ini, Arpus menganggarkan sekitar Rp16 juta untuk pembelian ebook guna melengkapi koleksi.

“Anggaran pembelian ebook ini memang tidak banyak, tapi kami usahakan selalu ada untuk pembelian ebook setiap tahunnya,” ujar Bambang saat ditemui di Arpus, Kamis (8/2/2018).

Dengan adanya aplikasi yang diluncurkan 2017 tersebut, jumlah pengguna diharapkan semakin meningkat seiring perkembangan zaman dan kesibukan orang.

“Masyarakat yang jauh atau sibuk tak lagi harus datang ke perpustakaan. Cukup mengunduh aplikasi ini maka bisa membaca buku melalui gadget mereka kapan pun dan di mana pun,” imbuhnya.

Aplikasi ini sekaligus mengurangi pengeluaran finansial masyarakat yang gemar membaca karena mereka tidak lagi ke mana-mana untuk mencari buku kebutuhannya.

Sementara itu, dalam menggunakan ebook ini pembaca dibatasi boleh “meminjam” maksimal dua buku selama 7 hari.

“Kalau waktunya habis, ebook itu tidak bisa dibaca lagi. Di sisi lain, kalau ebook ini sedang “dipinjam” orang, maka ebook itu juga tak bisa diakses orang lain. Hampir sama seperti pinjam buku biasa,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pengguna iBoyolali asal Banyudono, Sania, 20, mengaku sangat terbantu dengan penggunaan aplikasi tersebut.

“Yang jelas jadi lebih gampang karena bisa baca buku di gadget setiap saat. Tapi untuk buku tertentu, kadang saya lebih suka cari ke perpustakaan,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.