Wow! Penerbitan KIA di Karanganyar Lampaui Target Nasional
Masyarakat mengantre untuk mengurus administrasi penduduk di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar Rabu (20/1/2021). (Solopos.com/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar menyampaikan data penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) di Karanganyar yang melebihi target nasional selama 2020.

Hal tersebut menurut Kepala Disdukcapil Karanganyar, Any Indrihastuti menunjukan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat. Yakni dalam mengurus administrasi kependudukan anak berusia 0-17 tahun kurang sehari.

“Meningkatnya penerbitan KIA di Karanganyar tak lepas dari gencarnya sosialisasi yang dilakukan saat penerapan GISA,” jelas Any.

Hujan Lebat, Talut Ambrol Timpa Rumah Warga Ngargoyoso Karanganyar

Menurutnya, persentase penerbitan di Karanganyar mencapai 32% dari target nasional 20% dari keseluruhan usia wajib. Total usia wajib KIA di Karanganyar dari data terakhir yang dimiliki oleh Disdukcapil sebanyak 228.419 anak dan sudah tercapai 72.512 KIA yang diterbitkan.

“Untuk saat ini memang permohonan dan penerbitan KIA itu sangat meningkat tajam di Karanganyar. Padahal dulu itu tidak pernah mencapai 20 persen sesuai target nasional. Kembali lagi semua tergantung kesadaran masyarakatnya untuk mengurus itu. Karena kebijakan itu baru ada beberapa tahun ini. Jadi ada yang sudah punya akta kelahiran enggan mengurusnya. Tapi berkat sosialisasi dan layanan GISA di desa itu sangat membantu,” jelas Any ketika ditemui Solopos.com di ruangannya, Rabu (20/1/2021).

Menag Beri Keringanan UKT, IAIN Surakarta Ambil Kebijakan Ini

Segera Mengurus

Berdasarkan data per kecamatan, Kecamatan Karanganyar, Jatiyoso, Jumapolo, Gondangrejo, Mojogedang, dan Jaten jumlah penerbitan KIA rendah. Yakni rata-rata dibawah 20 persen dari total usia wajib KIA di Karanganyar. Meskipun begitu dengan pencapaian keseluruhan sebesar 32 persen dari target nasional, Karanganyar termasuk di level empat tingkat nasional.

“Data pelayanan dokumen kependudukan ini selalu dievaluasi tiap bulan. Saat ini kami sudah ada di level empat nasional. Termasuk di kabupaten dengan pencapaian penerbitan dokumen kependudukan yang selalu target dan salah satu ranking atas,” imbuh dia.

Puting Beliung di WGM Wonogiri Hilang Setelah Hujan Deras

Any berharap masyarakat yang belum mengurus KIA bisa segera mengurus untuk anak-anak mereka. Menurutnya, KIA memberikan kepastian identitas anak sebagai penduduk di Karanganyar. Juga dibutuhkan untuk berbagai urusan administrasi birokrasi di sektor tertentu.

“Kalau dibilang penting, ya penting juga. Karena ketika mendaftar sekolah diminta dilampirkan juga berkas KIA. Saya harap masyarakat bisa semakin sadar pentingnya KIA di Karanganyar untuk anak mereka,” ujarnya.

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom