SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN-Jumlah peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) ujian tulis 2012 meningkat 28% dibandingkan tahun sebelumnya.

Hanya, perbandingan jurusan favorit dan non-favorit cenderung menurun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Panitia Lokal SNMPTN DIY, Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan total peserta SNMPTN U-Tul 2012 tingkat nasional yang telah membayar sekitar 625.608 orang. Dari jumlah itu, yang menuntaskan pengisian data-data pribadi baru berkisar 615.370 orang.

Adapun, peserta SNMPTN regional DIY 14.647 orang memilih jurusan IPA, 15.493 orang memilih jurusan IPS dan 6.078 orang memilih jurusan IPC.

“Total di DIY ada 36.218 orang. Dibandingkan tahun lalu yang berkisar 28.000 orang ada peningkatan sekitar 28 persen,” terang dia saat ditemui di Kantor Direktorat Admistrasi Akademik, Jumat (1/6).

Peningkatan jumlah peserta SNMPTN U-Tul 2012 ini disebutnya karena ada fenomena bidik misi. Pasalnya, siswa yang ingin kuliah tidak perlu lagi merasa bingung mengatasi persoalan biaya pendidikan.

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga (Suka), Ahmad Arifi juga menyatakan jika ada peningkatan jumlah pendaftar SNMPTN U-Tul 2012. Hanya, di UIN Suka peningkatan berada di angka 10% dengan jumlah peserta tahun ini 6.073 peserta.

Selain peningkatan peserta, kebijakan yang terasa beda di UIN Suka ialah penerapan bidik misi. Jika selama ini bidik misi dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mulai tahun ini bidik misi di Perguruan Tinggi (PT) berbasis agama di bawah Kementerian Agama (Kemenang).

”Kuota UIN Suka untuk 2012 adalah 150 kursi, sedang besaran bidik misi meningkat dari Rp600.000 menjadi Rp1 juta. Diharapkan living cost ini dapat menunjang mahasiswa belajar,” terang dia saat dihubungi Harian Jogja melalui telelon selularnya.

Budi menambahkan kendati ada kenaikan jumlah peserta SNMPTN U-TUL 2012, perbandingan peminat jurusan favorit dan non-favorit menurun. Tanpa menyebutkan nama jurusan, tetapi ia mengungkapkan peminat jurusan favorit pada tahun-tahun sebelumnya dapat mencapai angka 1: 200, sedang non-favorit hanya sekitar 1:5 atau 1: 8. Tahun ini diperkirakan perbandingan dapat mencapai 1: 80 sampai 1: 100.

Ditanya mengenai adanya keluhan dari peserta yang kesulitan mengakses laman SNMPTN, Budi menjelaskan kemungkinan tersebut tetap ada, tetapi peserta diharapkan dapat dengan sabar dan teliti memasukan data.

”Tahapannya, membayar ke Bank Mandiri untuk dapatkan PIN dan Kode Akses Pendaftaran (KAP). Lalu masuk ke laman SNMPTN untuk mengisi data-data. Pengisian biodata ini akan menghasilkan kartu tanda peserta beserta keterangan lokasi ujian, waktu ujian dan syarat-syarat menempuh SNMPTN,” paparnya.

Bagi peserta yang masih merasa bingung, tambahnya, dapat bertanya ke Panlok SNMPTN DIY ke nomor 02746491808. Khusus untuk UIN Suka, Arifi menyampaikan peserta dapat langsung bertandang ke Admisi UIN Suka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.( Mediani Dyah Natalia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya