Wow, Pebisnis Ini Sedekah Perusahaan kepada Ustaz Yusuf Mansur

Ia menyedekahkan perusahaan miliknya PT Veritra Sentosa Internasional (VSI) untuk Pondok Pesantren Darul Quran melalui Yusuf Mansur

 Pengusaha Febrian Agung (kiri) menyedekahkan perusahannya, PT VSI kepada Ustaz Yusuf Mansur. (Thayyibah Channel)

SOLOPOS.COM - Pengusaha Febrian Agung (kiri) menyedekahkan perusahannya, PT VSI kepada Ustaz Yusuf Mansur. (Thayyibah Channel)

Solopos.com, JAKARTA — Konsep keajaiban sedekah yang diusung Ustaz Yusuf Mansur menggema di Tanah Air sejak lebih dari 10 tahun silam.

Banyak yang menyedekahkan barang milik demi mendapatkan keberkahan hidup, termasuk kemudahan mendapatkan rezeki. Ada yang menyedekahkan perhiasan, sepeda motor, mobil hingga rumah.

PromosiPrevalensi Stunting di Indonesia Peringkat Ke-115 Skala Global

Namun Febrian Agung berbeda. Ia menyedekahkan perusahaan miliknya PT Veritra Sentosa Internasional (VSI) untuk Pondok Pesantren Darul Quran melalui Yusuf Mansur.

Belakangan perusahaan tersebut dikembangkan Yusuf Mansur dengan branding Paytren. Paytren adalah aplikasi digital yang dapat digunakan sebagai sarana membayar berbagai tagihan mulai rekening listrik, PDAM, pulsa dan lain-lain.

Baca Juga: Kena Sanksi OJK, Yusuf Mansur Ubah Patungan Usaha Jadi Paytren

“Awalnya itu tahun 2013, saya punya link beliau (Yusuf Mansur) juga punya link. Diskusi dengan beliau, deal langsung dibikin,” ujar Febrian saat diwawancarai wartawan Thayyibah.com, Sudarso Arief Bakuama dan dikutip Solopos.com, Selasa (18/1/2022).

Pada tahun itu Febrian sudah mempunyai banyak karyawan di bidang informasi teknologi (IT) serta kantor dan peralatan. Karenanya tidak sulit untuk memulai kerja sama.

“Saya berpikir staf sudah ada, kapabel di bidangnya, kantor sudah ada, server juga sudah ada sehingga bisa langsung jalan,” kata pengusaha muda asal Kota Bandung, Jawa Barat itu.

Baca Juga: Akhirnya, Paytren Yusuf Mansyur Kantongi Izin OJK

Febrian menjelaskan, di awal bisnisnya dirinya menjabat sebagai Komisaris Utama di PT VSI sedangkan Yusuf Mansur bertindak sebagai Direktur Utama. Ia mengakui, Yusuf Mansur yang banyak terjun ke lapangan.

Bisnis di PT VSI itu awalnya menjual produk secara digital. Aneka produk ia jual melalui PT VSI antara lain Habspro yang dipakai untuk mengobati berbagai penyakit.

Seiring waktu, pada 2015 ia diminta Yusuf Mansur untuk menyedekahkan PT VSI kepada dai kondang tersebut.

“Tahun 2015 diminta untuk menyedekahkan. Kenapa sedekah semua? Ya pengin sedekah aja karena Allah. Kan Allah berkata fa amma bini’mati rabbika fahadits,” katanya.

Namun belakangan ia merasa kecewa karena tidak teliti. Niat awal dirinya menyedekahkan PT VSI itu adalah untuk keperluan Ponpes Darul Quran yang diasuh Yusuf Mansur.

Baca Juga: Bisnis Paytren Yusuf Mansyur Dapat Sertifikat Syariah dari MUI

“Akadnya kan sedekahkan 100% untuk Daarul Quran, harusnya ke Daarul Quran. Wallahu a’lam saya tidak tahu diatasnamakan siapa setelah itu. Dana Paytren ternyata dipakai untuk….(tidak melanjutkan). Tapi sedihnya di situ. Kenapa tidak dipakai untuk pengembangan pesantren. Mungkin beliau berpikir dengan pengembangan seperti itu mau dapat yang lebih banyak, siapa tahu?” tuturnya.

Berdasarkan kabar yang beredar, kini Paytren sedang terpuruk. Setelah melejit pada tahun 2017, bisnis Paytren mengalami masa suram. Sejumlah karyawan berencana menggugat karena belum mendapat gaji.

“Saya sekarang sedang dirumahkan. Ada banyak yang dirumahkan sampai bikin grup di WA. Saya pasti nuntut, gaji saya belum dibayar. Sudah pengaduan ke Disnaker, sudah bipartit. Tapi ya begitu,” kata salah satu karyawan PT VSI, Isaf kepada Sudarso Arief Bakuama.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Elon Musk Akhirnya Ngetweet Soal Pertemuan dengan Jokowi, Ini Isinya

Elon Musk dalam kicauannya menyatakan sebuah kehormatan bertemu di Starbase dan mendiskusikan proyek masa depan yang menarik.

Sosok Low Profile di Balik Kesuksesan Nike sebagai Brand Olahraga Dunia

Inilah sosok low profile yang membangun Nike dari nol hingga memiliki 700 outlet serta mempekerjakan 44.000 orang yang tersebar di lebih dari 170 negara pada awal abad ke-21.

Right Issue Bank Aladin (BANK), Saham Dibuka Anjlok

Hasil right issue PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) diperkirakan akan mengantongi Rp4 triliun.

Sepatu Jokowi saat Bertemu Elon Musk Jadi Sorotan Netizen Malaysia

Sepatu yang dikenakan Presiden Jokowi saat bertemu Elon Musk adalah buatan Bandung seharga Rp300.000.

Kritik Pertemuan Jokowi dan Elon Musk, Rocky: Hanya Sensasi dan Ilusi

Pengamat politik Rocky Gerung menyimpulkan pertemuan Presiden Jokowi dan Elon Musk hanya sebatas menciptakan sensasi dan ilusi karena substansinya tidak ada.

Ini Respons AHY soal Koalisi Indonesia Bersatu Golkar, PAN dan PPP

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan partainya tidak tergesa-gesa dalam menyikapi pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu.

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Solopos Hari Ini: Sinyal Batal Naik

Nilai keekonomian bahan bakar minyak (BBM) terus melambung. Meski demikian, belum ada tanda-tanda pemerintah memutuskan kenaikan harga BBM di dalam negeri, khususnya Pertalite dan solar.

Kata-kata Ucapan Hari Kebangkitan Nasional yang Diperingati 20 Mei

Berikut ini terdapat rekomendasi 10 kata-kata ucapan selamat Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati pada 20 Mei setiap tahunnya.

Sastra di Solo, Ekspor Serat Nanas, Lubang Hitam, dan Elektabilitas

Kota Solo pernah menjadi pesemaian sastra patriotik dan revolusioner. Yang dimaksud revolusioner adalah mendobrak penjajahan dari segala segi yang mungkin.

Kota Solo Pernah Jadi Pesemaian Sastra Patriotik dan Revolusioner

Kota Solo pernah menjadi pesemaian sastra patriotik dan revolusioner. Yang dimaksud revolusioner adalah mendobrak penjajahan dari segala segi yang mungkin.

7 Orang Meninggal, Ini Kronologi Kecelakaan di Jl. Purwasari Karawang

Polisi mengungkap kronologi kecelakaan maut yang menyebabkan tujuh orang meninggal di Jl. Raya Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Minggu (15/5/2022).

Kecelakaan Maut di Jl. Raya Purwasari Karawang, 7 Orang Meninggal

Sebanyak tujuh orang meninggal dunia dan sepuluh orang lainnya luka-luka dalam peristiwa kecelakaan di Jl. Raya Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (15/5/2022).

Beri Dukungan Airlangga Jadi Capres, Begini Penjelasan Ridwan Kamil

Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Ridwan Kamil yang berlangsung sekitar 30 menit itu juga diwarnai guyonan-guyonan.

Pengamat: Koalisi Golkar, PAN, dan PPP Tinggal Tentukan Capres-Cawapres

Qodari melihat ini adalah koalisi yang paling nyata hari ini menuju 2024 karena gabungan ketiga parpol sudah memenuhi syarat pencalonan Pilpres 2024 mendatang.

Terkait Pilpres, Ridwan Kamil Ungkap Dukungan untuk Airlangga

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menerima silaturahim Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (15/5/2022).