SOLOPOS.COM - Ilustrasi (id.wikipedia.org)

Ilustrasi (id.wikipedia.org)

JAKARTA – Karya sastra Indonesia makin menunjukkan tajinya di pasar luar negeri. Kini novel Laskar Pelangi berhasil menembus pasar Eropa Timur, yang diawali di Hungaria.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Menurut sang penulis, Andrea Hirata, sebuah penerbit di Hungaria, Geopen, sudah mengajukan proposal kepada agen Andrea Hirata yakni Anderson Literary Management di New York untuk menerbitkan Laskar Pelangi versi Hungaria. “Aku langsung menyetujuinya,” ujar Andrea singkat.

Hungaria, kata Andrea, adalah negara Eropa Timur pertama yang membuat kontrak penerbitan Laskar Pelangi dan negara ini akan menjadi semacam pintu gerbang bagi novel itu untuk mendapat kontrak penerbitan di negara-negara Eropa Timur lainnya. Claire Wheeler dari Anderson Literary Management, tambah Andrea, mengatakan bahwa sehubungan dengan kontrak penerbitan Laskar Pelangi di Hungaria itu, mereka telah dihubungi pula oleh beberapa penerbit dari Rusia, Chekoslovakia, dan Polandia.

“Aku sendiri sangat bersemangat pada Laskar Pelangi versi Hungaria ini, karena sudah menjadi semacam anggapan umum di kalangan para penulis bahwa sangat tidak mudah untuk menembus pasar buku Eropa Timur,” katanya. Publik pembaca di Eropa Timur, jelasnya, amat selektif memilih buku dan memiliki kultur membaca sastra yang unik.

Penerbitan Laskar Pelangi ini menandai negara ke-25 yang akan menerbitkan Laskar Pelangi setelah kontrak sebelumnya diteken dengan penerbit Butik Yayinlari dari Turki dan penerbit Presenca, Portugis. Laskar Pelangi versi Hungaria direncanakan terbit pada Januari 2013 bersamaan dengan Laskar Pelangi edisi Amerika oleh Penerbit Farrar, Straus, and Giroux, edisi Kanada oleh Penerbit Harper Collins, versi India oleh Penerbit Penguin, dan versi Australia serta Selandia Baru melalui Penerbit Random House, Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya