SOLOPOS.COM - Detective Conan. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO-Penerbit Shogakukan mengumumkan kabar terbaru tentang penjualan manga Detective Conan yang telah terjual 250 juta eksemplar di seluruh dunia. Kepopuleran manga Jepang ini telah mendunia sejak terbit perdana pada 19 Januari 1994.

Manga Detective Conan merupakan karangan Gosho Aoyama. Saat ini, volume ke-100 sudah terbit di Jepang. Dilansir dari Mainichi Shimbun, Jumat (22/10/2021), kesuksesan Detective Conan tidak terlepas dari versi anime yang tayang di seluruh dunia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mengutip laman Detik.com, Jumat (22/10/2021), manga Detective Conan juga melahirkan tiga spin-off lainnya yang bakal rilis yakni Detective Conan: Police Academy Arc Wold Police Story, Detective Conan: Hannin no Hanzawa-san, dan Detective Conan: Zero no Tea Time.

Awal tahun ini, manga Detective Conan juga masuk deretan 10 terpopuler versi Asahi TV bersamaan dengan One Piece, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, Dragon Ball, Attack on Titan, Naruto, Haikyu!! sampai Fullmetal Alchemist.

Baca Juga: Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Manga Detective Conan merupakan seri manga Shonen (untuk pembaca laki-laki) yang ditulis dan digambar oleh Gosho Aoyama. Dalam menggambar, Gosho Aoyama dibantu oleh enam orang asisten yang punya pekerjaan berbeda. Franchise dari Detective Conan kerap dikerjakan oleh tim kreatif lainnya selain Gosho Aoyama.

Film Detective Conan juga diterima dengan baik di masyarakat, salah satunya film ke-24 yang berjudul Detective Conan: The Scarlet Bullet yang tayang pada 16 April 2021. Gosho Aoyama meluncurkan manga hasil karyanya pada 1994 dan sukses melahirkan serial anime yang tayang sejak 1996.

Pada Maret 2019, ia mengumumkan melakukan hiatus panjang atau berhenti sementara selama beberapa pekan untuk kebutuhan riset. Ia menciptakan manga Detective Conan pada 1994 yang mengisahkan tentang detektif SMA bernama Shinichi Kudo untuk menyelesaikan suatu kasus.

Suatu hari, ia diracun oleh organisasi bernama Organisasi Hitam dan membuat tubuhnya mengecil seperti anak SD kelas 1. Menggunakan nama Conan Edogawa, ia berusaha untuk menyelesaikan lebih banyak kasus dan menghentikan Organisasi Hitam.

Baca Juga: Punya Suami Tajir, Shandy Aulia Punya Sumber Kekayaan Sendiri

Mengutip laman Gramedia.com, Jumat (22/10/2021), manga Detective Conan adalah sebuah serial manga detektif karangan Aoyama Gosho yang sudah ada sejak tahun 1994 dan hingga sekarang belum ada tanda-tanda akan tamat. Manga ini menceritakan tentang seorang detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang tubuhnya mengecil setelah dipaksa meminum sebutir pil misterius dari suatu organisasi hitam. Pertama kali cerita ini dipublikasikan pada majalah mingguan Shonen Sunday yang terbit di Jepang.

Seiring berjalannya waktu Detective Conan berhasil terkenal hingga ke seluruh dunia. Selain serial TV, cerita tentang tokoh detektif ini juga diterbitkan dalam bentuk drama televisi, animasi video asli, film layar lebar, serta permainan video.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya