SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Tiga tim mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil meraih Juara I, II, dan III dalam Olimpiade Farmasi Indonesia “PHARMACITO 2019”.

Olimpiade digelar di Universitas Muhammadiyah Yogjakarta (UMY), Kamis-Sabtu (11-13/4/2014). Perwakilan tim yang meraih Juara I, David Sarono Putro, mengatakan keberhasilan tim dari UNS dalam meraih gelar juara merupakan hasil perjuangan keras.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Prestasi yang diraih tim kami merupakan kewajiban mahasiswa untuk menggapai segala sesuatu yang dicita-citakan,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (17/4/2019).

David menilai penampilan para peserta olimpiade sangat mengesankan. ”Tim yang saya takuti dari Universitas Gadjah Mada [UGM] dan Institut Teknologi Bandung [ITB]. [Khawatir] di babak semifinal yaitu Interprofessional Education [IPE] yang dilakukan bersama dengan dokter umum, dokter gigi, dan perawat,” kata dia.

Ia sempat minder karena temanya di luar perkiraan. Bukan hal yang mudah untuk tetap bertahan dan terus melaju di setiap tahapan. Kompetitornya pun luar biasa. “Tim kami belum pernah melakukan IPE secara langsung,” ujarnya.

Hal ini senada disampaikan peserta lain, Tiara Annisa. Ia mengaku sejak awal tidak menyangka akan memborong juara dalam Olimpiade Farmasi Indonesia. “Tim Farmasi UNS mengirimkan tiga tim, Juara I diraih tim yang beranggotakan David Sarono, Agung Putu, dan Cahya Permana. Juara II diraih oleh tim yang beranggotakan saya, Dhea Aqila, dan Tita Kusuma. Juara III diraih tim yang beranggotakan Kezia Varadina, Wening Dyah, dan Febriani,” jelas dia.

Pembina Prodi Farmasi FMIPA UNS, Yeni Farida, bangga dengan prestasi yang ditorehkan delegasi dari mahasiswa Prodi Farmasi. “Saya tak menyangka Prodi Farmasi FMIPA UNS memborong semua juara. Dengan perjuangan dan iktikad baik, kami akhirnya membuahkan hasil yang membahagiakan. Keberhasilan ketiga tim ini tidak hanya berupa prestasi yang mengharumkan nama FMIPA UNS. Saya berharap mahasiswa lainnya termotivasi meraih prestasi melalui kompetisi yang ketat,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya