SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

KULONPROGO—Jelang Imlek, harga lobster di Pantai Congot menembus harga Rp600.000 per kilogram setelah pekan lalu di kisaran Rp250.000-Rp300.000 per kilogram.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Harga lobster karena banyak pedagang yang melakukan spekulasi. Pedagang membeli lobster dari tempat lelang sangat tinggi,” kata salah satu tengkulak udang mandiri Pantai Congot, Sriyanti, kepada wartawan, Kamis (7/2/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

Lobster kerap jadi bagian menu makanan dalam perayaan tahun baru China. Hal itu membuat pedagang berspekulasi menaikkan harga demi memenuhi tingginya permintaan dari konsumen. Pedagang tetap yakin lobster bakal laris meski harganya tinggi.

Ketua Kelompok Usaha Bersama Nelayan Bogowonto, Surjani, mengatakan tidak semua kapal yang melaut mendapatkan lobster. “Lobster biasanya hidup di karang. Kalau dapat hanya sedikit, paling banyak lima ekor,” ucapnya.

Untuk harga ikan, layur kualitas super Rp26.000 per kg dan layur kualitas dua Rp15.000 per kg sedangkan bawal putih kualitas super Rp200.000 per kg dan kualitas dua Rp160.000 per kg. “Otomatis harga ikan laut juga ikut naik,” ucap Surjani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya