SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling). (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, SLEMAN—Polda DIY menetapkan lima dusun di DIY sebagai jawara lomba Pos Keamanan Keliling (Pos Kamling) yang dimanfaatkan untuk basis keamanan di level Rukun Tetangga (RT). Penetapan itu disampaikan dalam hasil lomba Pos Kampling dalam rangka Hari Bhayangkara 2014.

Penetapan itu berdasarkan urutan hasil terbaik. Juara pertama yakni Dusun Jeruk, RT06/RW10, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul,  kedua RW02 Dusun Kronggahan, Trihanggo, Gamping, Sleman dan ketiga yakni Pos Kamling RT03 dan RT 04 Dusun Pucung Growong, Desa Karangtengah, Imogiri, Bantul. Sedangkan Kaposkamling RT18/RW04, Patehan, Kecamatan Kraton Jogja sebagai juara harapan pertama dan Dusun Karangtengah RT08/RW14, Desa Margosari, Pengasih, Kulonprogo keluar sebagai juara harapan kedua.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti mengapresiasi kelima dusun tersebut karena secara rutin warganya melakukan ronda. Melalui siskamling, warga melakukan pengamanan secara mandiri dengan sistem ronda setiap malam. Mereka memanfaatkan pos kamling yang sudah dibangun secara swadaya sebagai basis pertemuan bagi warga yang mendapatkan jadwal setiap malamnya.

“Dusun atau RT yang menjadi juara ini mereka secara konsisten memanfaatkan pos kamling untuk ronda melakukan pengamanan. Kami menyeleksinya sesuai standar dari sisi rutinitas, sampai berapa lama mulai memberlakukan sistem itu dan lain-lain,” katanya, Minggu (6/7/2014).

Anny menambahkan, biasanya setiap melakukan ronda malam, warga memanfaatkan dengan mengambil uang jimpitan sebagai bentuk presensi bahwa warga sudah melakukan ronda. Tetapi yang paling utama yakni mereka melakukan pengamanan untuk RT masing-masing.

Pihaknya berharap dusun lain dapat meniru kelima dusun yang menjadi juara, karena pengamanan dari level RT memberikan dampak positif yang besar bagi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya