SOLOPOS.COM - PT XL Axiata selalu meningkatkan Layanan. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA -- Jaringan PT XL Axiata Tbk berhasil melalui masa libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) dengan baik tanpa hambatan. Kendati trafik data XL Axiata dari pengguna setia mengalami kenaikan di kedua momentum tersebut.

Seperti periode 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021, secara nasional rata-rata trafik pemakaian layanan data XL Axiata meningkat hingga 15%. Bahkan trafik data mengalami kenaikan tertinggi hingga mencapai 70%. Sesuai prediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik percakapan (voice) mengalami penurunan sebesar 6%. Kemudian untuk trafik SMS mengalami kenaikan 2% dibandingkan hari biasa.

Promosi Pentingnya Digitalisasi dalam Pengembangan Usaha Era Kini

“Pandemi tidak serta-merta menghentikan masyarakat untuk merayakan Hari Natal dan Tahun Baru. Meski tidak leluasa beraktivitas di luar ruang, namun mereka tetap bisa mengisi liburan dengan beragam aktivitas digital. Hal ini bisa dilihat dari trafik data di area pemukiman yang naik sekitar7% dibandingkan hari normal. Di mana hamper semua jenis layanan data trafiknya ikut naik. Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan terutama di kota Jakarta, Medan, Semarang, Pekanbaru, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Palembang, Cibubur, Cirebon dan sebagainya,” jelas Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (5/1/2021).

Sedangkan trafik data Xl Axiata pada Hari Natal pada 24-25 Desember 2020, secara rata-rata meningkat sebesar lebih dari 3% dibanding hari biasa. Di mana kenaikan tertinggi, lanjutnya, mencapai sekitar 17%. Jika dibandingkan dengan Natal tahun sebelumnya, kenaikan trafik yang terjadi mencapai lebih dari 40%.

Sementara itu, untuk trafik Tahun Baru pada 31 Desember 2020-1 Januari 2021, kenaikan rata-rata trafik data menurut Gede mencapai 10% dibandingkan hari normal. Kenaikan tertinggi mencapai sekitar 70%. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, terjadi kenaikan trafik data XL Axiata hingga 40%.

Dongkrak Perekonomian Jateng, XL Axiata Tingkatkan Kualitas di Pelosok Banyumas Raya

Layanan Streaming

Dari jenis layanan, tambahnya, trafik layanan streaming secara umum mengalami peningkatan sebesar 6%. Termasuk di dalamnya streaming video Youtube, Facebook, Instagram, dan Tiktok meningkat sebesar 6%. Kemudian film dan saluran TV (Nietflix, Iflix, Viu, Vidio) juga meningkat 4%. Musik (Spotify, Joox, Google Music, Youtube Music) meningkat 2%.

Selanjutnya, layanan instant messenger secara umum naik 19%. Termasuk dalam jenis layanan ini adalah Whatsapp, Messenger, LINE, Telegram, dan Hangouts). Sementara itu pada layanan media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, LinkedIn) meningkat sebesar 11%. Video Call (via Whatsapp dan Hangouts) mengalami penurunan -14%, dan VoIP (via Whatsapp dan Messenger) naik 11%.

Menurut Gede, trafik akses ke layanan belanja online (Lazada, Shopee, Tokopedia) mengalami penurunan sebesar -22%. Sementara trafik ke layanan travelling (Traveloka, Agoda, Tiket.dom) meningkat sekitar 13%. Seperti biasanya selama masa libur panjang, trafik kelayanan peta jalan (Google Map dan Apple Map) juga meningkat sebesar 2%. Sedangkan trafik untuk akses ke layanan pembayaran digital (Dana, Ovo) mengalami penurunan 6%.

Ternyata pandemi juga tak menghalangi sebagian masyarakat untuk melakukan perjalanan antarkota, bahkan antarprovinsi, termasuk antarpulau. Hal itu, menurut Gede, terlihat dari kenaikan trafik data Xl Axiata yang terjadi di sejumlah wilayah yang selama ini rutin menjadi tujuan saat libur panjang, baik Natal dan Tahun Baru maupun Lebaran. Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (DIY) menjadi tujuan utama perjalanan masyarakat Ibukota. Sebaliknya, trafik di wilayah Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya mengalami penurunan.

“Selain itu naik dan turunnya trafik berdasarkan wilayah, kemungkinan juga dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah pusat dan daerah. Terutama dalam membatasi pergerakan warga dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Pada masa liburan akhir tahun kali ini, trafik layanan di jaringan XL Axiata meningkat hanya di sebagian kecil provinsi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Itu pun kenaikannya juga tidak setinggi biasanya,” imbuh Gede

PT XL Axiata selalu meningkatkan layanan. (Istimewa)

Trafik di Jateng-DIY

Kenaikan trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Jawa Tengah dan DIY selama periode Natal dan Tahun Baru 2021 terjadi di Kabupaten Sleman sebesar 77%. Kemudian Kabupaten Bantul sebesar 75%, Kabupaten Magelang 30%, dan Kota Semarang 28%. Sejumlah lokasi tujuan wisata popular di wilayah itu pun turut mengalami peningkatan signifikan. Antara lain Pantai Parangtritis melonjak hingga 788%, beberapa pantai di wilayah Gunung Kidul seperti Pantai Sadranan, Krakal, dan Indrayanti naik hingga 260%. Kemudian Candi Prambanan 141%, Guci Tegal 135%, dan Kota Lama Semarang 131%.

Sejumlah area keramaian yang popular dan acap kali menjadi tujuan wisatawan juga mengalami peningkatan trafik yang cukup signifikan, terutama saat Tahun Baru. Yaitu Tugu Yogyakarta naik 372%, Alun-alun Yogyakarta sekitar 350%, Simpang Lima Semarang hingga 320%, dan Malioboro 187%.

Trafik di Bandara Ahmad Yani Semarang juga mengalami lonjakan trafik XL Axiata yang signifikan hingga 118%. Sementara di Stasiun KA Poncol Semarang naik 209%, Stasiun Maguwo Bandara Adisucipto hingga 76%, Stasiun Tugu Yogyakarta naik 13%, dan Stasiun Tawang naik sekitar 10%. Trafik juga meningkat signifikan di sejumlah rest area jalan Tol Trans Jawa yang berada di wilayah Jawa Tengah.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya