SOLOPOS.COM - KSP Intidana menjadi koperasi yang modern karena memiliki jaringan ATM dan juga mobil layanan kas keliling dan ATM bergerak. (muri.org)

KSP Intidana menjadi koperasi yang modern karena memiliki jaringan ATM dan juga mobil layanan kas keliling dan ATM bergerak. (muri.org)

SOLO – Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana menyabet penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai koperasi pertama di Indonesia yang memiliki anjungan tunai mandiri (ATM) dan layanan online.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua KSP Intidana, Handoko, mengatakan saat ini citra koperasi di Indonesia masih bersifat tradisional. Oleh karena itu pihaknya ingin memperbaiki sistem pelayanan untuk mempermudah anggota dalam melakukan transaksi. “Gerakan perbaikan kami lakukan dalam tiga hal yaitu infrastruktur, sarana dan prasarana serta sistem jaringan dan informasi,” ujar dia saat memberikan sambutan dalam acara KSP Intidana Gathering di Best Western Hotel, Sabtu (27/10/2012). Aset koperasi, lanjut Handoko, mengatakan mencapai Rp948 miliar per Oktober 2012. KSP Intidana menargetkan pencapaian aset hingga Rp1 triliun hingga akhir tahun.

Sementara itu General Manager Business Telkom Regional IV, Arif Dwi Cahyono, mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan KSP Intidana sejak 2010. Ia juga mengatakan koperasi yang mempunyai 23 cabang di Jawa Tengah, DIY dan Jakarta itu sudah memiliki 26 ATM. Selain itu mereka juga telah menggunakan sistem ICT dalam sistem operasional sehingga pelayanan menjadi lebih cepat dan akurat. “Dimungkinkan ke depan akan ada pelayanan mobile banking, internet banking dan electronic data capture (EDC),” ungkap dia.

Dalam acara tersebut KSP Intidana juga mendapatkan anugerah dari MURI untuk dua kategori. Kategori pertama adalah koperasi pertama dengan jaringan online sejak Juli 2010. Kategori kedua penghargaan adalah koperasi dengan jaringan ATM terbanyak. Penghargaan itu diserahkan oleh Manager MURI Sri Widayati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya