SOLOPOS.COM - Peserta Pakel Equestrean Cup mempertunjukan atraksi equestrian atau keselarasan dengan kuda di arena berkuda Kampung Wisata Barokah, Pakel, Karangpandan, Karanganyar Sabtu (22/8/2020). (Solopos-Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR--Derap langkah kuda terdengar di arena berkuda atau stable yang baru saja diresmikan di Kampung Wisata Barokah, Pakel, Karangpandan, Karanganyar Sabtu (22/8/2020). Saat itu beberapa penunggang kuda tengah mempertunjukan equestrian atau atraksi keselarasan dengan kuda mereka yang dinilai oleh juri. Saat itu, pembukaan memang bersamaan dengan perlombaan Pakel Equestrian Cup.

Para peserta lomba dari berbagai daerah tersebut tampak beratraksi seperti menari dengan kuda. Sedangkan beberapa penonton terlihat mendokumentasikan pertunjukan tersebut dan beberapa tim lainnya tengah mempersiapkan kuda mereka di sebelah arena. Selain itu, beberapa anak-anak tengah sibuk bermain dengan kuda poni yang berada di dekat kandang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kampung Wisata Barokah memang sudah lama berdiri di Karangpandan. Namun, arena berkuda baru kali ini dibuka sebagai penambah daya tarik pengunjung yang berminat dengan olahraga yang dikenal untuk kalangan menengah ke atas tersebut. Pengelola berniat agar olahraga berkuda menjadi olahraga yang memasyarakat di Karanganyar.

Kebakaran Gedung Kejagung, Ruang Kerja Jaksa Agung Ikut Terbakar

Pengelola Kampung Wisata Barokah, Heri Suyadi, menjelaskan selain wisata bahasa juga terdapat tempat terapi dan camping ground. Tahun ini pihaknya merintis wisata berkuda untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menyalurkan hobi berkuda mereka. Pihaknya ingin membuat olahraga berkuda sebagai olahraga yang memasyarakat di Karanganyar.

“Olahraga berkuda kan memang dikenal untuk menengah ke atas. Tapi ini sunah Rasul juga. Jadi kami memang berniat agar berkuda ini bisa dijangkau oleh masyarakat dengan menghadirkannya di sini,” beber dia.

 

Memenuhi Standar

Manajer Arena Berkuda, Cahyo Sigit, menjelaskan arena berkuda di Pakel sudah memenuhi standar turnamen. Pihaknya juga sedang merencanakan untuk membuat program-program berkuda untuk menarik minat pengunjung.

Bupati Karanganyar Cairkan Hubungan Agus dan Yuni saat Musda Golkar Sragen

“Ini sementara hanya untuk latihan berkuda yang fokus di equestrian. Kami ada pelatih dari ahli berkuda untuk pengunjung. Kami punya beberapa program berkuda, anak-anak juga bisa bermain dengan kuda poni yang ada di sini,” ucap dia.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga, (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto, menjelaskan di Soloraya, arena berkuda terlengkap ada di Pakel dengan menawarkan berbagai program. Dia mendukung adanya ide memasyarakatkan olahraga berkuda di Karanganyar layaknya sport tourism lainnya.

Keluarga di Sukoharjo Dibantai, Begini Posisi 4 Jasad…

“Ini prospeknya bagus karena di Karanganyar baru ada dua stabel satu di Pakel dan yang lebih dulu lainnya ada di Gondangrejo. Ini juga sudah standar. Melihat pengembangannya ini akan menjadi wisata yang menjanjikan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya