SOLOPOS.COM - Pesawat Falcon 20 milik Dwan Riset Nasional Kanada (NRC) ini akan mencatat sejarah karena menggunakan bahan bakar nabati 100 persen untuk penerbangannya. (nrc-cnrc.gr.cn)

Pesawat Falcon 20 milik Dwan Riset Nasional Kanada (NRC) ini akan mencatat sejarah karena menggunakan bahan bakar nabati 100 persen untuk penerbangannya. (nrc-cnrc.gr.cn)

OTTAWA – Penerbangan pesawat jet yang sepenuhnya menggunakan bahan bakar nabati (BBN) pertama di dunia akan lepas landas bulan depan dari Ottawa, Kanada.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemrakarsa dan peneliti bahan bakar nabati tersebut, Applied Research Associates and Agrisoma Biosciences yang bermitra dengan Dewan Riset Nasional Kanada (NRC) mengembangkan sumber energi terbarukan berkelanjutan untuk industri penerbangan komersial.

Menurut jadwal, akhir Oktober mendatang sebuah jet bisnis Falcon 20 bermesin ganda milik NRC akan digunakan untuk menguji bahan bakar jet baru yang terbuat dari 100 persen minyak biji-bijian. Penerbangan itu antara lain akan mengetes kinerja mesin dan emisi.

“Ini akan menjadi pertama kalinya sebuah pesawat jet menggunakan 100 persen, tanpa dicampur, bahan bakar jet terbarukan yang memenuhi spesifikasi minyak bahan bakar jet,” kata pernyataan NRC. “Melalui inisiatif ini, kami memberikan pilihan yang berkelanjutan untuk mengurangi emisi penerbangan,” kata Chuck Red dari Applied Research Associates.

Selama sudah ada pesawat jet komersial yang menggunakan bahan bakar nabati, namun masih dalam bentuk campuran dengan BBM konvensional. Lebih dari 40 petani di bagian barat Kanada dikontrak untuk menumbuhkan lebih dari 6.000 hektar tanaman biji minyak yang digunakan untuk membuat bahan bakar nabati jet. Pemerintah berharap inisiatif ini akan meluncurkan industri bahan bakar nabati jet baru yang menjadi sebuah anugerah bagi petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya