SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rute Terbaru KRL Jabodetabek. (KAI.id)

Solopos.com, JAKARTA – Liburan sekolah ternyata mampu mendongkrak jumlah pengguna KRL Jabodetabek. Pada akhir pekan sepanjang Juni 2022 tren pengguna KRL Jabodetabek tercatat bertambah seiring dengan masa libur sekolah.

Jumlah pengguna KRL di hari libur pada awal pekan Juni 2022 sebanyak 958.844 orang. Jumlah itu meningkat pada akhir pekan Juni 2022 yakni di 25-26 Juni 2022.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Pada akhir pekan lalu, bertepatan dengan hari libur sekolah, jumlah pengguna KRL meningkat 4% menjadi sebanyak 1 juta orang.

Baca Juga: Perhatian! Ini Rute Terbaru KRL Jabodetabek

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat jumlah pengguna pada awal libur, Sabtu (2/7/2022), yakni sebanyak 360.849 pengguna.

Sementara jumlah total pengguna KRL selama Juni 2022 tercatat sebanyak 17,8 juta orang.

Total volume pengguna khusus pada libur akhir pekan yakni sebanyak 3,4 juta orang, dengan pergerakan rata-rata sebanya 487.830 orang per harinya.

Volume terbanyak pengguna KRL di akhir pekan tercatat pada akhir pekan lalu, Sabtu (25/6/2022), sebanyak 522.566 orang.

“Hari itu merupakan awal libur sekolah yang dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur bersama keluarga dengan menggunakan KRL,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, melalui keterangan resmi, Sabtu (2/7/2022).

Baca Juga: Cara Naik KRL Tanpa Kartu Yang Berlaku Mulai Hari Ini

Di Stasiun Jakarta Kota, pergerakan penumpang KRL tercatat sebanyak 36.606 orang pada awal libur sekolah ini.

Jumlah penumpang tersebut naik 9% dibandingkan dengan volume akhir pekan pada awal Juni lalu.

Hal yang sama juga terjadi di Stasiun Tanah Abang di mana terdapat sebanyak 51.760 orang yang menggunakan KRL, atau naik 4%.

Kemudian di Stasiun Bogor terdapat sebanyak 66.402 orang pengguna KRL pada periode yang sama atau naik 1%.

Di sisi lain, perjalanan KA Lokal Merak dengan relasi Rangkasbitung–Merak PP melayani 14 perjalanan yang beroperasi setiap harinya mulai pukul 04.50–21.25 WIB.

Baca Juga: Uji Coba KRL Solo-Palur Bawa Penumpang, Ada Yang Baru Kali Pertama Naik

Selama Juni 2022, volume pengguna KA tersebut secara rata-rata pada akhir pekan sebanyak 8.595 orang dengan volume tertinggi pada Minggu (26/6/2022), yakni sebanyak 10.198 orang.

Adapun, total volume pengguna KA Lokal Merak pada akhir pekan selama masa libur sekolah sejumlah 18.576 orang. Jumlah tersebut naik sebesar 10% jika dibandingkan dengan dengan volume pengguna pada akhir pekan awal Juni lalu, yakni sebanyak 16.896 orang.

Anne mengimbau agar pengguna KRL menghindari perjalanan pada sekitar pukul 09.00-11.00 WIB dan 15.00-17.00 WIB, pada akhir pekan. Hal tersebut mengingat pergerakan penumpang KRL yang masif pada akhir pekan selama masa libur sekolah.

Di sisi lain, KAI Commuter juga mengajak seluruh pengguna untuk selalu menjalankan protokol kesehatan di tengah pelaksanaan PPKM yang masih berlaku. Bagi pengguna yang membawa anak minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm, sudah diwajibkan untuk membeli tiket. Untuk mengantisipasi kepadatan, KAI Commuter mengimbau pengguna KRL untuk menggunakan KMT atau kartu uang elektonik bank agar terhindar dari antrean saat membeli tiket di stasiun.

Sementara itu untuk pengguna KA Lokal diimbau agar memesanan tiket perjalanannya mulai dari tujuh hari sebelum perjalanan melalui aplikasi KAI Access.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Libur Sekolah, Pengguna KRL Sabtu-Minggu Naik Jadi 1 Juta Orang 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya