SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jokowi

Gubernur DKI Jokowi

JAKARTA–Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemerintah Propinsi DKI Jakarta menjadwalkan normalisasi dan penataan daerah aliran sungai (DAS) Kali Pesanggrahan dapat tuntas pada 2014. Tapi masalah pembebasan lahan masih menjadi kendala terlaksananya proyek yang bertujuan untuk menanggulangi banjir di kawasan Bintaro hingga Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pak Jokowi sudah meningkatkan anggaran di APBD sampai 8 kali lipat, sekarang Rp 400 miliar dari sebelumnya Rp 50 miliar,” ungkap Direktur Sungai dan Pantai Kementerian PU, Pitoyo Subandrio, Sabtu (24/11/2012).

Dana sebesar itu akan diperuntukkan untuk mempercepat tahap pembebasan lahan warga yang terkena proyek yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta. Perlu diketahui selama ini kendala utama pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur adalah pembebasan lahan yang rumit akibat ulah mafia spekulan tanah.

“Tersendatnya di pengadaan tanah serapan. Wartawan harus bantu dong agar warga mau dibayar pohon dan lahannya,” ujarnya.

Kepada wartawan yang menemuinya di lokasi banjir di Jl Adikarya Pintu Air, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dia menuturkan bahwa proyek Kali Pesanggraan mencakup daerah sepanjang 26,85 km. Untuk tahap pengerjaan fisik yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, Kementerian Pekerjaan Umum telah menyiapkan dana sebesar Rp 1 triliun.

“Kita harapkan masalah lahan ini selesai 2013,” sambung Pitoyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya