Wow! Ini Kecanggihan Armada PT SHA Solo

PT SHA Solo melengkapi armada pengangkut BBM dengan teknologi canggih.

 Petugas mengecek truk tangki di garasi PT SHA Solo, di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (20/6/2022).

SOLOPOS.COM - Petugas mengecek truk tangki di garasi PT SHA Solo, di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (20/6/2022).

Solopos.com, SUKOHARJO–Tim Ekspedisi Energi 2022 jalur timur mengawali perjalanan dengan melihat aktivitas di garasi armada PT SHA Solo di Wirogunan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (20/6/2022).

PT SHA merupakan salah satu agen bahan bakar minyak (BBM) industri produk Pertamina terbesar di Indonesia. Untuk mengoptimalkan proses distribusi, perusahaan asal Solo ini telah mengusung berbagai teknologi dalam armadanya. Seperti apa teknologinya?

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Tim ekspedisi tiba di lokasi pada Senin pagi. Di dalam garasi, terlihat puluhan armada tangki berwarna biru putih yang berjajar. Ukuran armada beragam, mulai yang berkapasitas 5 kl hingga 40 kl.

Marketing Director PT SHA Solo, Aris Nuryanto, mengatakan semua truk tangki di perusahaan tersebut memiliki fitur keamanan standar Eropa.

“Untuk truk tangki kami memang memiliki keamanan standar Eropa. Di mana itu tingkatannya cukup tinggi. Kami memberlakukan sensor-sensor khusus untuk mencegah terjadinya BBM kencing. Sebab kami sangat memperhatikan barang yang kami kirim ke konsumen. Dengan begitu barang yang kami kirim, sesuai dengan permintaan konsumen,” kata dia, Senin.

Baca Juga: Kemenkeu: Tak Ada Rencana Pengenaan Cukai BBM dan Detergen

Salah satu driver armada PT SHA Solo, Muhammad Taufiq, menjelaskan setiap armada selalu dilengkapi dengan alat pemadam kebaran ringan (apar).

“Apar selalu tersedia baik di dalam [area kemudi], tengah maupun belakang. Selain itu juga ada tombol untuk memutuskan arus listrik truk untuk mengantisipasi jika terjadi korsleting. Saat mengisi atau menuang BBM, mesin dimatikan dan aliran listrik diputus untuk keamanan. Tombolnya juga tersedia di dalam [ruang kemudi], di tengah maupun belakang. Tombol bisa dipencet salah satunya, yang terdekat yang mana,” kata dia sambil menunjukkan beberapa fitur keamanan pada armada tersebut.

Dari segi kenyamanan, truk keluaran Mercedes-Benz tersebut juga memiliki fitur yang tak kalah menarik. Ruang kemudi yang longgar dan ber-AC membuat pengemudi merasa nyaman saat mengemudi truk. Tersedia juga tepat tidur untuk sopir pengganti. “Sangat nyaman. Tidak banyak armada truk dengan tingkat kenyamanan seperti ini,” kata pengemudi lain, Ranto.

Baca Juga: Ekspedisi Energi 2022 Dimulai, Ini Daftar Destinasinya

Untuk panel dashboard sebagian besar merupakan panel digital. Termasuk layar pengganti spion yang menangkap gambar dari kamera di sisi belakang truk. Selain itu, truk juga dilengkapi sensor pengaman yang mengurangi potensi kecelakaan.

Guna melengkapi keamanan, setiap hari kondisi truk juga akan selalu dipantau. “Pemeriksaan rutin selalu dilakukan setiap hari untuk memastikan kondisi truk dalam kondisi prima,” kata salah satu mekanik PT SHA Solo, Ari Kusworo.

PT SHA Solo menjadi salah satu tujuan Tim Ekspedisi Energi 2022 yang digelar Solopos Media Group (SMG) didukung PT Adaro Energy Indonesia Tbk, SUN Energy, PT SHA Solo, Pertamina Patra Niaga, PT Geo Dipa Energi, Hyundai, PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Pembangkitan Jawa Bali (PJB), SKK Migas dan Dinas ESDM Jawa Tengah. Setelah dari garasi PT SHA Solo, Tim Ekspedisi Energi 2022 wilayah timur langsung bergegas menuju Surabaya untuk mengunjungi tujuan selanjutnya.

 

Ekspedisi Energi 2022

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Akulturasi Budaya Arab dan China Lahirkan Kebaya, Lambang Emansipasi Wanita

      Akulturasi Budaya Arab dan China Lahirkan Kebaya, Lambang Emansipasi Wanita

      Kebaya berasal dari bahasa Arab yakni kaba yang berarti pakaian dan diperkenalkan lewat bahasa Portugis ketika mereka mendarat di Asia Tenggara. Sementara versi lain mengatakan kebaya ada kaitannya dengan pakaian tunik perempuan pada masa Kekasiran Ming di China.

      Berita Terkini

      Erick Thohir Kukuhkan Lagi Nicke Widyawati Jadi Dirut Pertamina

      Pengangkatan kembali Nicke sebagai Dirut Pertamina berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero).

      Harga Beras Medium dan Premium Naik, Bapanas: Perlu Penambahan Stok di Bulog

      Kenaikan harga beras medium dan premium akibat beragam faktor seperti kondisi cuaca hingga harga gabah dan pupuk yang naik.

      BPS: Inflasi September 5,95 Persen YoY, Harga BBM Naik Penyumbang Tertinggi

      BPS mencatat kenaikan inflasi pada September ditopang penyumbang inflasi adalah harga BBM, beras, dan angkutan dalam kota.

      BI: Inflasi Lebih dari 4 Persen YoY Masih Tinggi hingga 2023

      Bank Indonesia memastikan keberlanjutan program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNP IP) yang diharapkan bisa membantu menjaga laju inflasi secara nasional.

      Ikut Jaga Ekosistem Sungai, BRI Peduli Bersih-Bersih Kali Senjoyo Semarang

      Mengusung semangat Pro Planet, Pro People, dan Pro Profit, BRI melakukan program “Bersih-Bersih Kali” di berbagai wilayah di Indonesia.

      Liga 1 Dihentikan Sementara Seusai Tragedi Kanjuruhan, Saham (BOLA) Ambles

      Saham pengelola Bali United, yakni PT Bali Bintang Sejahtera Tbk. (BOLA) terpantau ambles 6,92 persen atau ARB.

      Antam Rebound! Cek Harga Emas Pegadaian, Senin 3 Oktober 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Senin (3/10/2022) hari ini naik untuk kadar 24 karat Antam, tetapi tidak berubah untuk cetakan UBS.

      Aplikasi SGS Go Belum Tersedia di iOS, Begini Jawaban Tim IT

      Belum masuknya aplikasi SGS Go di iOS karena belum approval pengiriman aplikasi dari iOS.

      Mulai Cair Hari Ini, Begini Cara Cek BSU Tahap ke-4 dengan Ponsel

      Bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4 sebesar Rp600.000 disalurkan bagi pekerja mulai hari ini, Senin (3/10/2022).

      Krisis Global Bisa Berdampak Pada Kenaikkan NPL, BPR Harus Lebih Waspada

      Dampak krisi global pada sektor perekonomian tersebut di antaranya bisa berupa inflasi yang cenderung meningkat, harga kebutuhan pokok melambung, hingga daya beli yang menurun.

      Didorong Kenaikan Harga BBM, Inflasi September 2022 Diperkirakan 5,88 Persen

      Tingkat inflasi pada September 2022 sebesar 5,88 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Secara bulanan, tingkat inflasi diperkirakan sebesar 1,10 persen (month-to-month/mtm).

      Awal Pekan IHSG Diperkirakan Menguat, Cek Saham-Saham Ini

      Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Senin (3/10/2022) berkat sejumlah katalis.

      Semangat Awal Pekan! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Tertarik Investasi Saham, Pelaku UMKM Soloraya Ikuti Sekolah Pasar Modal

      Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Jateng 2 bersama para pelaku UMKM yang tergabung dalam Gradasi menggelar Sekolah Pasar Modal (SPM) bagi UMKM, Jumat (30/9/2022).

      BRI Sampaikan Belasungkawa kepada Korban Kerusuhan Kanjuruhan Malang

      PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai titling sponsor BRI Liga 1 menyampaikan duka cita dan rasa belasungkawa atas meninggalnya sejumlah suporter Arema FC dan anggota kepolisian dalam kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.