SOLOPOS.COM - ilmuwan mengembangkan sel otak dari sel urine manusia. (news.yahoo.com)

ilmuwan mengembangkan sel otak dari sel urine manusia. (news.yahoo.com)

BEIJING – Ada informasi  menarik dari dunia medis. Sebuah penelitian ilmiah baru mengklaim urine manusia dapat diubah menjadi sel-sel otak!

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasil penemuan yang mengejutkan ini dianggap telah melampaui banyak aplikasi praktis dan memungkinkan menghilangkan perdebatan kontroversial terkait penelitian batang sel. Penelitian yang diterbitkan online di Nature Methods ini dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh pakar biologi batang sel asal China, Duanqing Pei.

Menurut Duanqing, sel-sel yang dihasilkan dari kotoran manusia suatu hari kelak dapat digunakan untuk mempelajari penyakit manusia dan bahkan menjadi solusi untuk penyakit neurodegeneratif atau kerusakan sel-sel otak.

Selain itu, seperti dilansir yahoonews, Selasa (11/12/2012), penemuan ini juga menunjukkan sel-sel contoh yang diambil dari urine tidak berisiko tinggi terhadap perkembangan tumor seperti halnya sel-sel biasa. Proses kerjanya adalah dengan mengubah sel tertentu dalam urine menjadi prekursor sel-sel otak, yang dikenal sebagai sel progenitor saraf.

Studi ini mengatakan, sel-sel yang ditemukan dalam urine tersebut merupakan “sumber yang jauh lebih mudah diperoleh” dibanding sel-sel yang dicari dalam contoh jaringan kulit dan darah. “Ini pasti bisa mempercepat segalanya,” kata James Ellis, ahli genetika medis di Rumah Sakit Toronto for Sick Children di Toronto, Kanada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya