SOLOPOS.COM - Grafis lintasan asteroid DA14 yang bakal melintas di dekat Bumi pada jarak yang paling dekat. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Grafis lintasan asteroid DA14 yang bakal melintas di dekat Bumi pada jarak yang paling dekat. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

BOSTON – Sebuah asteroid berukuran sebesar separuh lapangan bola bakal melintasi Bumi hari ini. Melintasnya benda langit berupa gumpalan karang ini jadi istimewa karena jarak jalur lintasannya yang paling dekat dengan Bumi dibandingkan dengan asteroid lain yang juga pernah melewati Bumi. Pada titik perlintasan yang paling dekat, asteroid ini akan melintas pada jarak 27.520 km dari permukaan Bumi atau bahkan lebih rendah dari ketinggian orbit satelit telekomunikasi dan cuaca. Menurut perhitungan, asteroid ini akan mencapai titik terdekatnya dari Bumi pada pukul 02.24 WIB, Sabtu (16/2/2013) atau pada Jumat (15/2/2013) malam pukul 19.24 GMT.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski asteroid yang diberi kode nama DA14 ini adalah benda langit terbesar yang pernah melintasi Bumi dari jarak sedekat itu, para astronom menyatakan takkan ada risiko tabrakan dengan Bumi, baik di saat sekarang maupun di saat-saat mendatang. “Saat ini DA14 menyamai kecepatan orbit Bumi terhadap Matahari selama setahun, namun setelah perlintasannya di dekat Bumi, arah lintasannya akan berubah,” kata Donald Yeomans, astronom di lembaga riset Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, AS.

Ekspedisi Mudik 2024

Lembaga nirlaba Space Data Association, yang melacak posisi satelit-satelit untuk mengantisipasi terjadinya tuburkan juga memperhitungkan bahwa jalur perlintasan asteroid itu takkan bersinggungan dengan satelit buatan manusia. “Tak ada alasan untuk khawatir bahwa asteroid itu bakal mengancam satelit mana pun di orbit Bumi,” tegas Manajer Operasi Space Data T.S. Kelso dalam sebuah pernyataan.

Melintasnya asteroid ini akan memberikan kesempatan berharga bagi para ilmuwan untuk mempelajari benda langit itu secara lebih mendetail. Selain mempelajari kandungan mineral di dalamnya, ilmuwan juga ingin mempelajari kecepatan putarannya. Pengetahuan itu bukan cuma berguna untuk menentukan saat melintasnya DA14 di masa mendatang, namun juga membantu para ahli mengembangkan teknik untuk menangkal asteroid yang membahayakan Bumi.

Badan antariksa AS, NASA, bakal menyiarkan peristiwa melintasnya asteroid itu di NASA Television mulai pukul 19.00 GMT atau pukul Sabtu 02.00 WIB. Pantauan juga bisa dilakukan di situs NASA yang mencakup pandangan mendekati real time dari observatorium di Australia, dengan catatan cuaca cerah.

Kamera antariksa Slooh.com juga akan menyiarkan pantauan webcast pada waktu yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya