SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA–Harga pesawat kepresidenan yang baru tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis, diperkirakan sekitar Rp847 miliar.

Menurut rilis acara penyambutan dan peresmian penyerahan pesawat kepresidenan yang dibagikan kepada wartawan usai acara konferensi pers, pesawat kepresidenan itu harganya sekitar 89,6 juta dolar AS atau sekitar Rp847 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harga sebesar itu sudah termasuk fabrikasi, modifikasi interior serta beragam modifikasi lain yang diperlukan.

Rilis itu juga menyebutkan bahwa pembayaran pesawat dilakukan melalui skim kontrak tahun jamak dari tahun 2010-2014.

Pesawat yang dapat mengakomodasi hingga 67 orang itu dilengkapi dengan interior ruang pertemuan, ruang rapat dan ruang eksekutif guna memfasilitasi presiden dalam menunaikan tugas kenegaraan.

Pesawat tersebut juga dilengkapi perangkat keamanan dan tangki bahan bakar telah diambil hingga menjadikan pesawat itu sanggup menempuh jarak di kisaran 5.000 mil laut atau sekitar 10.000 kilometer.

“Kami telah menerima pesawat jenis Boeing Business Jet 2 atau BBJ-2,” kata Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi dalam konferensi pers di Bandara Halim .

Menurut dia, penerimaan pesawat baru kepresidenan setelah melalui proses pengadaan kurang lebih selama empat tahun.

Selain itu, lanjutnya, pesawat tersebut telah dirancang dan didesain sehingga dapat memenuhi persyaratan serta akan lebih mengefektifkan dan mengefisienkan perjalanan dinas kepresidenan.

Menurut dia, penggunaan pesawat kepresidenan bisa menghemat anggaran negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya