Wow! Harga Emas Antam Melompat 20 Persen Meski Ada Pandemi Covid-19
ilustrasi harga emas

Solopos.com, JAKARTA — Harga emas PT Aneka Tambang Tbk. (Antam) melonjak hingga 20% dibandingkan harga pada 31 Desember 2019. Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, emas memang menjadi salah satu pilihan investasi yang aman.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari website Antam, harga emas pada 31 Desember 2019 tercatat Rp762.000 per gram untuk jual dan Rp678.000 per gram untuk beli.

Sedangkan pada 31 Mei 2020, harga emas Antam dipatok Rp914.000 per gram untuk jual dan beli Rp815.000 per gram. Dengan kata lain, selama lima bulan Januari-Mei 2020, harga emas Antam naik lebih dari Rp150.000 atau naik 20 persen.

Komentar Menohok Taylor Swift ke Trump Didukung Jutaan Netizen

Harga emas batangan sempat menyentuh level Rp972.000 per gram sepanjang Januari-Mei 2020. Ini merupakan level tertinggi harga emas Antam sepanjang sejarah. Penguatan itu didukung tingginya harga emas global seiring besarnya minat investasi aset aman dan nilai tukar rupiah yang melemah dari dolar AS.

Menunjukkan Tren Positif

Manajemen Antam menyebut pada Lebaran 2020 penjualan emas masih menunjukkan tren positif. Meskipun, Indonesia diterpa sentimen perlambatan ekonomi global dan mahalnya harga emas fisik.

Penjualan tetap tinggi didukung oleh transaksi online. SVP Corporate Secretary Aneka Tambang, Kunto Hendrapawoko, mengatakan penjualan emas pada Lebaran tahun ini masih menunjukkan respons positif, meski pandemi Covid-19 belum berakhir.

Bukan Cuma Covid-19, Ternyata Ada 1.382 Bencana di Indonesia Sejak Awal 2020

“Ada peningkatan yang cukup signifikan dari lini penjualan online Logam Mulia pada dua bulan terakhir dibandingkan sebelumnya. Ada bentuk adaptasi pelanggan dan perusahaan pada situasi saat ini,” ujarnya kepada Bisnis.com, Jumat (29/5/2020).

Kunto menjelaskan saat ini transaksi penjualan emas sesuai dengan protokol penanganan Covid-19. Yakni, dengan menerapkan transaksi online melalui laman resmi. Selain itu, cara order serta transaksi jual kembali emas atau buyback melalui aplikasi WhatsApp.

Tenaga Kesehatan di Sragen Diintimidasi, Ganjar Minta Polisi Tindak Pelaku

Pengiriman Lewat Jasa Ekspedisi

Untuk logam mulia yang telah dibeli melalui sistem online, dapat diambil di Butik Emas Logam Mulia. Butik tersebut sekarang beroperasi secara terbatas. Konsumen bisa memilih emas dikirim melalui jasa ekspedisi yang bekerja sama dengan perusahaan.

Sementara itu, transaksi buyback emas Antam dapat dilakukan di butik setelah lebih dulu melakukan janji temu melalui WhatsApp.

Kendati respons masih positif, Kunto mengaku kondisi penjualan emas di Idulfitri 2020 berbeda dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Namun, emiten berkode saham ANTM itu tidak menyebutkan secara detail perbandingannya.

Pasien Positif Covid-19 Indonesia Tambah 700 Jadi 26.473, Ini Update Lengkapnya

Sumber: Bisnis.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho