SOLOPOS.COM - Penumpang menunggu di dalam halte berlapis kaca di Seoul, Korea Selatan. (Antara-Reuters)

Solopos.com, JAKARTA -- Pandemi memaksa warga Dunia melakukan berbagai inovasi untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19, hingga terciptalah halte pintar yang ada di Korea Selatan/Korsel ini.

Halte pintar (smart shelter) yang dirancang untuk melindungi penumpang dari terik matahari, hujan deras, dan virus corona atau Covid-19 kini hadir di jalan-jalan ibu kota Korsel, Seoul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ruangan transparan halte pintar di Korsel dilengkapi pendingin udara dan alat sterilisasi ultraviolet untuk membersihkan dan mendinginkan udara. Selain itu ada kamera pengawas dan layar digital untuk memberitahu penumpang kapan bus tiba.

Kenapa Tak Ada Palestina di Peta Digital Google Maps?

Halte pintar bernilai 100 juta won atau setara dengan Rp1,2 miliar itu juga dilengkapi hand sanitizer dan tempat mengisi daya laptop atau ponsel serta Wi-Fi gratis.

"Tadinya saya kurang nyaman karena harus diperiksa suhu tubuhnya sebelum masuk, tapi ternyata tidak butuh waktu lama," kata Park Sung-yeon, mahasiswa 25 tahun seperti dikutip Reuters, Sabtu (15/8/2020).

"Saya harap kita bisa punya lebih banyak tempat seperti ini sehingga kita bisa menghadapi virus corona," beber dia.

Pabrik Foxconn Mulai Rekrut Pekerja, Iphone 12 Segera Diproduksi?

Kamera thermal di pintu halte canggih itu berguna untuk memantau suhu tubuh penumpang. Hanya mereka yang suhu tubuhnya di bawah 37,5 derajat Celcius yang boleh masuk.

Menyediakan Cadangan Daya

Kamera terpisah dipasang lebih rendah di halte pintar di Korsel itu yang dikhususkan untuk memindai suhu tubuh anak-anak.

Sementara itu, panel solar di atap halte menyediakan cadangan daya bagi semua peralatan yang ada di bawahnya.

"Kami juga membagikan situasi terbaru secara langsung dengan kantor polisi dan kantor pemadam kebakaran menggunakan CCTV cerdas, bel peringatan dan sensor noise AI, jadi kita bisa merespons kejadian darurat secara cepat," kata Kim Hwan-gyun, penanggung jawab halte di daerah Seongdong.

Ducati Punya Sepeda Lipat Elektrik, Lebih Mahal dari Brompton?

Hingga saat ini, sepuluh halte telah dipasang di distrik Seongdong, Seoul timur. Kolaborasi teknologi mutakhir ini merupakan hasil kolaborasi kantor distrik setempat dengan LG Electronics yang dirilis bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya