SOLOPOS.COM - Gajah Koshik bersama pemandu bahasa Korea. (google)

Gajah Koshik bersama pemandu bahasa Korea. (google)

SEOUL – Seekor gajah Asia bernama Koshik, ternyata bisa berbicara dalam bahasa manusia. Namun bukan sembarang bahasa, Koshik bisa mengucapkan beberapa patah kata dalam bahasa Korea.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut para peneliti dari Universitas Wina, ucapan Koshik itu dapat dipahami oleh penutur bahasa. Tidak jelas mengapa dan kapan Koshik mulai meniru ucapan manusia.

Tetapi ahli biologi kognitif Angela Stoeger dan Tecumseh Fitch dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology, seperti  dilaporkan Reuters memperkirakan kemampuan Koshik ini berkembang sejak usia muda.

Koshik merupakan satu-satunya gajah yang ada di Kebun Binatang Everland di Korea Selatan selama sekitar lima tahun di masa mudanya dan hanya bergaul dengan manusia.

Menurut para peneliti itu, dengan menempatkan belalainya di mulut, Koshik berhasil membuat membentul vokalisasi yang berbunyi “halo”, “duduk”, “tidak”, “telentang” dan “bagus”, dalam bahasa Korea.

Sayangnya, tak bisa dipastikan apakah Koshik memahami arti dari kata-kata yang iducapkannya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya