SOLOPOS.COM - Fosil gigi mammoth yang ditemukan di San Francisco, California, Senin (10/9/2012) waktu setempat. (yahoonews)

Fosil gigi mammoth yang ditemukan di San Francisco, California, Senin (10/9/2012) waktu setempat. (yahoonews)

SAN FRANCISCO – Seorang operator mesin Derek (crane)di di sebuah proyek transit di kawasan Bay, San Francisco, California, Amerika Serikat (AS), dikejutkan saat menyadari dirinya telah menggali gigi dari mammoth, gajah purba berbulu, Senin (10/9/2012) waktu setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dilansir yahoonews, Jumat (14/9/2012), paleontolog James Allen kepada ABC News mengatakan, gigi mammoth itu diyakini berusia antara 10.000-11.000 tahun. Hebatnnya, fosil itu dalam kondisi baik.

“Bay adalah sebuah lembah berumput tempat kawanan makhluk yang telah punah ini mungkin pernah berkeliaran di sekitarnya,” kata Allen.

“Ini adalah penemuan besar, sehingga kami bisa mempelajarinya untuk mengetahui usianya dan membantu kita mengetahui tentang gempa tektonik seperti Patahan San Andreas,” ilanjutnya.

Temuan fosil gigi sepanjang 25 cm itu ditemukan oleh operator crane, Brandon Valasik, terpendam di dalam tanah dengan kedalaman 36,7 meter. “Saya tengah menggali dan akan melalui lapisan pasir, ketika tiba-tiba melihat beberapa benda aneh yang keluar,” katanya.

“Beberapa orang mencoba meyakinkan saya itu hanya batu. Tetapi benda itu tampak terlalu sempurna jika hanya batuan.”

The Transbay Joint Powers Authority, organisasi yang bertanggung jawab atas proyek tersebut, berencana menyumbangkan temuan fosil itu ke Akademi Ilmu Pengetahuan California.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya