Wow! Enam Bahan Alami Ini Bisa Untuk Mengobati Batuk
IlustrasiWedang jahe. (freepik)

Solopos.com, MADIUN – Batuk adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit bisa disebabkan karena alergi, infeksi virus atau bakteri, asam lambung atau bisa menjadi gejala penyakit tertentu.

Secara umum, dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni berdahak dan kering. Batuk adalah cara alami tubuh menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak maupun pemicu iritasi lainnya.

Batuk termasuk penyakit ringan, tapi cukup mengganggu. Ketika mengalaminya, beberapa orang memerlukan obat batuk untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan.

Namun mengkonsumsi obat bukanlah satu-satunya cara. Karena ada bahan alami yang ampuh meredakan penyakit ini seperti dilansir dari okezone.com Senin (30/11/2020).

Ini Alasannya Tidak Boleh Makan Saat Emosi dan Stres

1. Teh madu

Menurut studi, madu memberikan kelegaan paling signifikan untuk meredakan batuk daripada dekstrometorfan. Meskipun khasiatnya sedikit, madu banyak digunakan oleh para ibu saat mengobati anak yang batuk. Campurkan dua sendok teh madu dengan secangkir teh hangat. Konsumsi campuran ini dua kali sehari agar mendapatkan khasiatnya. Jangan diberikan kepada anak di bawah 1 tahun.

2. Wedang jahe

Jahe memiliki anti inflamasi yang dapat meredakan batuk kering dan asma. Menurut studi, antiinflamasi pada jahe dapat mengendurkan membran di saluran udara yang dapat mengurangi penyakit ini. Tambahkan irisan jahe pada secangkir air hangat, dan tunggu beberapa detik sebelum diminum. Beri perasan lemon atau madu untuk meningkatkan rasa.

5 Mitos Ciri Fisik Wanita Tidak Perawan, Jangan Percaya!

3. Air hangat

Air hangat bisa memberikan efek meredakan bagi Anda yang sedang menderita flu, batuk, sakit tenggorokan, menggigil dan kelelahan. Tetap terhidrasi sangat penting saat Anda batuk. Selain air hangat, Anda juga dapat mengkonsumsi, teh, jus buah atau kaldu bening.

4. Uap

Uap bisa digunakan untuk jenis batuk berdahak. Berendam lah di air panas dan biarkan uapnya mengisi kamar mandi. Anda juga bisa menghirup uap dari mangkuk air panas yang dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih.

Cara Mendidik Anak Biar Tidak Manja, Apa Sih Rahasianya?

5. Air garam

Air garam bagus untuk batuk berdahak. Cara paling sederhana dan salah satu yang paling efektif bisa meredakan penyakit ini dengan mencampurkan segelas air hangat dan garam. Setelah garam larut, tunggu hingga suhu menjadi dingin dan berkumur. Hindari memberikan kepada anak kecil karena berbahaya.

6. Nanas

Nanas memiliki enzim bromelain yang menyediakan antiinflamasi. Jus nanas bisa mengurangi dahak dan meredakan batuk. Tapi akan lebih mudah jika meminum suplemen bromelainnya saja karena dinilai lebih efektif. Pastikan untuk mengecek alergi terhadap enzim ini dan sedang tidak mengkonsumsi obat pengencer darah atau antibiotik.

 

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom