Tutup Iklan

Wow, Dua Ekor Sapi Limusin Laku Rp130 Juta

 Salah satu sapi limusin yang laku Rp65 juta (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Salah satu sapi limusin yang laku Rp65 juta (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Salah satu sapi limusin yang laku Rp65 juta (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Salah satu sapi limusin yang laku Rp65 juta (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dua ekor sapi jumbo milik seorang peternak sekaligus pedagang hewan asal Tawangmangu, Karanganyar, Paimin Winanto, terjual dengan harga Rp130 juta pada Kamis (3/10/2013).

Sapi limusin seberat 1,265 ton dan 1,285 ton itu masing-masing dihargai Rp65 juta oleh seorang pembeli dari Bandung, Jawa Barat.

Saat dijumpai Solopos.com di Pasar Hewan Karangpandan, Rabu (2/10/2013), warga Dusun Pampung RT 002/ RW 001, Desa Plumbon, Tawangmangu itu mengaku memiliki tiga ekor sapi dengan berat di atas rata-rata.

Ketiga sapi yang dipatok dengan harga sekitar Rp60 juta itu telah berkali-kali ditawar pembeli, tapi tak dia berikan.

“Kemarin ada yang menawar Rp50 juta, ya enggak saya lepas. Minimal harganya Rp60 juta,” ucapnya.

Saat Solopos.com hendak kembali mengunjungi rumahnya, Paimin mengabarkan bahwa dua ekor sapinya telah laku terjual di Pasar Hewan Bekonang Sukoharjo pada Kamis siang.

“Ini sudah laku Rp130 juta, akan dikirim ke Bandung. Tapi di rumah masih ada satu ekor, beratnya hampir satu ton,” ujarnya semringah saat dihubungi Solopos.com, Kamis siang.

Dia mengatakan seekor sapi limusin yang masih tersisa juga dipatok seharga Rp60 juta meski bobotnya tak mencapai 1 ton. Paimin menjamin sapi-sapi yang dipeliharanya tak hanya unggul dari segi bobot badan, tapi juga sehat dan berkualitas.

Paimin mengaku membeli ketiga sapi itu dari seorang peternak di Karanganyar seharga Rp13 juta. Saat kali pertama dibeli, bobot ketiga sapi itu tidak seberat sekarang.Setelah dipelihara selama lebih kurang dua tahun, bobot sapi bertambah berkali-kali lipat. Harga jualnya pun melambung tinggi.

Menurut dia, tidak ada kiat khusus yang perlu dilakukan untuk membuat sapi menjadi gemuk. Dia hanya memelihara sapi dengan metode standar seperti yang biasa dilakukan para peternak lainnya.

“Makanan ya biasa, enggak aneh-aneh, cuma rumput gajah, ampas tahu, ampas singkong dan sebagainya,” urai Paimin.

Setiap hari, dia berkeliling dari satu pasar hewan ke pasar hewan lain untuk menawarkan ternak yang dipeliharanya. Namun, tiga ekor sapi jumbo itu tidak pernah dibawa serta.

“Ya ditinggal di rumah, yang dibawa hanya sapi yang kecil-kecil. Tapi saya tetap tawarkan, kalau ada yang berminat baru saya bawa,” ucapnya.

Sementara itu, anggota Kasi Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Karanganyar, Sri Ambarwati, mengatakan Desa Plumbon memang dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil sapi jumbo.

Sebelumnya, seorang peternak lain juga diketahui memiliki sapi dengan berat di atas satu ton.

“Selama dipelihara dengan baik, sapi-sapi jumbo dipastikan aman dikonsumsi. Sapi yang sehat dapat dideteksi dengan melihat performa fisiknya, kalau tampak lesu, rambutnya tidak mengkilap, dan mata buram sebaiknya jangan dibeli,” jelas dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Seleksi Duta Antikorupsi, Puluhan Pelajar Klaten Bikin Makalah Soal Ini

Seleksi terhadap puluhan pelajar kali ini merupakan rangkaian pemilihan duta pelajar antikorupsi yang diselenggarakan IPPK Klaten dan Exclusive Kingdom Klaten.

Pasoepati Ganti Pot Rusak di Jl Solo-Jogja di Klaten, Ini Foto-Fotonya

Polisi berharap kejadian perusakan pot bunga serupa tak terulang kembali di waktu mendatang

WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

WhatsApp juga sedang berupaya memperkenalkan editor foto dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna menambahkan stiker dan teks, memotong dan memutar foto.

Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Ini dia daftar pemenang lengkap dengan nominasinya SCTV Award 2021 yang baru saja digelar pada Jumat, 27 November 2021.

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jateng

BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.

Geger Pria Asal Bekasi Ditemukan Meninggal Dunia di Masjid Laweyan Solo

Pihak kepolisian menyatakan berdasarkan dugaan sementara, almarhum Sukirman meninggal karena sakit.

Beredar Surat Undangan Seleksi Persis Muda GR, Begini Respons Kaesang

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, menanggapi beredarnya surat undangan seleksi pemain untuk Piala Soeratin 2021 dari Manajemen Persis Muda GR.

Minyak Goreng dan Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi November 2021

BI akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.

Doa Agar Menjadi Orang yang Sukses, Jangan Lupa Dibaca ya!

Berikut ini terdapat doa agar menjadi orang yang diberikan kesuksesan menurut ajaran Islam. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya!

Minat Baca Memuaskan, Solo Butuh Rumah Baca Berbasis RW

Hasil survei Disarpus Kota Solo menunjukkan indeks minat baca dan indeks kegemaran membaca warga Kota Solo 74,54 dan 79,37.

10 Berita Terpopuler : Wong Klaten Meninggal Tersetrum - Sosok Kahiyang

Wong Klaten meninggal tersetrum menjadi berita terpopuler di Solopos.com Sabtu pagi ini.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (27/11/2021), Ini Film yang Tayang

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Sabtu, 27 November 2021 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Banyak film seru!

Solo Optimalkan Medsos untuk Promosi Wisata

Promosi pariwisata Solo berbasis sosial media akan dilakukan dengan melibatkan seluruh stakeholder pariwisata.

Lirik Lagu Rungokno Aku - Ndarboy Genk feat Denny Caknan

Berikut ini lirik lagu Rungokno Aku dari Ndarboy Genk feat Denny Caknan, yang telah tayang pada Jumat, 26 November 2021 di Youtube.