SOLOPOS.COM - Telaga Sarangan yang menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Magetan. (Istimewa/wisatadanbudaya.magetan.go.id)

Solopos.com, MAGETAN — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mencatat pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata pada 2022 telah mencapai target. Tahun ini, PAD dari sektor pariwisata ditarget Rp15,3 miliar.

“Pada akhri tahun ini, target PAD wisata Magetan mencapai Rp15,3 miliar. Jumlah itu sudah tercapai di akhir November,” kata Kepala Disparbud Magetan, Joko Trihono, Selasa (29/11/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menuturkan target PAD itu bisa tercapai karena ada beragam destinasi wisata di Magetan. Selain itu, selama 2022 juga didukung dengan banyaknya agenda wisata yang digelar.

Ekspedisi Mudik 2024

Bahkan, kata dia, tahun ini ada 174 kegiatan budaya dan pariwisata dalam Calender of Event (CoE) di sepanjang 2022 dan jadwalnya juga telah diluncurkan ke publik.

Adapun, CoE 2022 dengan segala agendanya merupakan salah satu program strategis Pemkab Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Magetan.

Baca Juga: Pemkab Nganjuk Gandeng ISI Surakarta untuk Perkenalkan Keris kepada Masyarakat

Sejumlah agenda tersebut di antaranya, kirab pusaka, Onthel Budaya, Labuhan Sarangan, Nasional Paralayang XC, Ledhug Suro, Kirab Nayakapraja, dan masih banyak lagi.

Sedangkan tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di Magetan antara lain Telaga Sarangan yang menjadi andalan. Selain itu juga ada tempat wisata Air Terjun Tirtosari atau Air Terjun Ngadiloyo, Telaga Wahyu, Kebun Bunga Refugia, Magetan Park, Randugede Hidden Paradise, Mojosemi Forest Park, Taman Geni Langit, Lawu Green Forest, Parang Hill, Taman Desa Wisata Jabung, Mbah Djoe Resort, Bumi Perkemahan Wisata Alastuwo, serta Tirto Gumarang.

Tempat-tempat wisata tersebut banyak dikunjungi wisatawan sehingga mendongkrak PAD Kabupaten Magetan. Adapun puncak kunjungan atau peak season kunjungan wisatawan di Magetan terjadi saat libur Lebaran, libur sekolah, libur Natal dan tahun baru.

Baca Juga: Polisi Periksa Sekwan Terkait Dugaan Korupsi Tunjangan Perumahan DPRD Madiun

Pihaknya optimistis jumlah capaian PAD tersebut masih terus bertambah seiring dengan tingginya kunjungan wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya