SOLOPOS.COM - Hasrat bersepak bola di Afrika Selatan membuat warganya membikin bola dari bahan apapun. (Dailymail.co.uk)

Hasrat bersepak bola di Afrika Selatan membuat warganya membikin bola dari bahan apapun. (Dailymail.co.uk)

LONDON — Setelah menjadi tuan rumah gelaran pesta sepakbola akbar, Piala Dunia 2010, demam bola di Afrika Selatan tak pernah surut. Sepak bola digemari di seluruh penjuru negeri itu hingga saat ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun, bola asli tetap menjadi barang mewah di negeri itu. Tetapi gairah bermain sepakbola memang tak tertahankan. Alhasil, masyarakat di sana membikin bola-bola kreasi sendiri yang terbuat dari plastik, karung, jaring, gumpalan kertas serta barang-barang tak berharga lainnya, tak terkecuali kondom.

Bagi mereka, yang penting bisa bermain bola, begitu mungkin pikiran mereka. Aksi-aksi bola jalanan dengan “bola” seadanya ini dijepret fotografer asal Belgia, Jessica Hilltout yang selama tujuh bulan menjelajahi negeri ini.

“Permainan yang indah tetap berada dalam bentuk aslinya,” kata Hillary kepada New York Times, seperti dikutip dailymail.co.uk, Kamis (13/6). ”Orang-orang bermain bola untuk kesenangan, meski dengan bola seadanya.”

Meski dibikin dengan bahan-bahan seadanya, anak-anak dan orang-orang miskin pinggiran di sana mampu membuat bolanya memantul seperti bola asli. Berdasar laporan Hillary, bola ini akan kempes dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Hillary mengungkapkan maksud dari foto-foto yang ia ambil adalah untuk memperlihatkan bahwa saat bintang-bintang besar bermain di stadion, masih banyak yang menikmati permainan tim ini dengan alat seadanya tanpa mengurangi kegembiraan mereka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya