Wow, Belanja Pemain Klub Liga Inggris Tembus Rp24 Triliun

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, LONDON — Liga Premier Inggris kembali menahbiskan diri sebagai kompetisi yang amat royal dalam transfer pemain. Belanja klub-klub Liga Premier di musim panas ini tercatat mencapai 1,41 miliar poundsterling atau Rp24,281 triliun.

Angka itu terkatrol dengan hiruk pikuk di deadline day, Kamis (8/8/2019), yang menyumbang 170 juta poundsterling (Rp2,92 triliun) hanya dari pembelian 17 pemain.

Belanja tersebut menjadikan Liga Premier sebagai kompetisi tersibuk di lantai transfer di antara lima liga top Eropa. Hanya Liga Primera Spanyol yang mampu mendekati aktivitas Liga Premier dengan total transfer sekitar Rp1,1 miliar poundsterling.

Meski demikian, angka transfer fantastis Liga Premier musim ini ternyata belum mampu memecahkan rekor tahun 2017. Saat itu belanja di kompetisi tertinggi Negeri Ratu Elizabeth mencapai 1,43 miliar poundsterling, seperti dilansir BBC, Jumat (9/8/2019).

Hal menarik lain yakni total pembelian pemain di Liga Premier mengalami penurunan secara konstan sejak 2015. BBC mencatat hanya ada 101 transfer di musim panas ini, berbanding 109 transfer di 2018 dan 124 transfer di 2017 silam. Padahal, pergerakan pembelian pemain pada musim panas 2014 bisa mencapai 157 transfer.

Arsenal menjadi tim dengan belanja terbesar di bursa transfer kali ini dengan menggelontorkan 155 juta poundsterling untuk memboyong lima pemain. Di deadline day, The Gunners menguras dana 32 juta poundsterling untuk memboyong David Luiz dan Kieran Tierney.

Manchester United (MU) menjadi yang terboros ketiga setelah Arsenal dan Manchester City setelah mengeluarkan dana 145 juta poundsterling untuk tiga pemain yakni Harry Maguire, Aaron Wan-Bissaka, dan Daniel James.

Meski jorjoran di jendela transfer, Setan Merah tetap tak luput dari kritik fans. Pendukung United bahkan mendesak CEO MU, Ed Woodward, mundur menyusul kegagalannya merekrut sejumlah pemain penting untuk memperkuat tim.

Selain urung memboyong Christian Eriksen, MU tak membeli striker baru menyusul penjualan Romelu Lukaku ke Inter Milan. Hal itu membuat United hanya punya tiga striker yakni Marcus Rashford, Anthony Martial, Alexis Sanchez plus penyerang belia, Mason Greenwood.

“Candaan yang sempurna,” cuit akun Twitter The Sport Talk.

Klub-klub kuda hitam seperti Tottenham Hotspur dan Everton justru mampu membuat sejumlah transfer strategis. Spurs yang biasanya pasif di bursa transfer sukses membeli Giovani Lo Celso dan Ryan Sessegnon di detik terakhir transfer, meski gagal mendapatkan Paulo Dybala.

Adapun Everton berhasil mengamankan tanda tangan striker Arsenal, Alex Iwobi, dengan nilai 35 juta pounsterling. Iwobi menjadi pemain anyar ketujuh The Toffees setelah Andre Gomes, Sebastian Kristensen, Jonas Lossl, Fabian Delph, Jean-Philippe Gbamin, dan Moise Kean.

“Alex adalah salah satu target utama kami di jendela transfer ini dan saya percaya dia adalah rekrutmen fantastis untuk Everton,” kata Manajer Everton, Marco Silva, dilansir Sky Sports

Berita Terkait

Berita Terkini

Kejari Madiun Tahan Tersangka Kasus Korupsi PBB-P2

Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun menahan satu tersangka dalam kasus korupsi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2).

Mahasiswa UNS Bikin Sabun Kertas, Inovasi Saat Pandemi

Sabun kertas ciptaan mahasiswa UNS ini menawarkan kepraktisan membersihkan tangan, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Anjing dan Kucing Disuntik Vaksin di Kota Solo

74 Ekor anjing dan kucing diberi suntikan vaksin oleh Dispartan Kota Solo.

Hadapi Persis Solo, Pemain AHHA PS Pati Diminta Jaga Salat

Putra Siregar mengingatkan para pemain AHHA PS Pati menjaga salat lima waktu dan ibadah sebagai bekal melawan Persis Solo.

Ingin Balas Dendam Dukun Penggandaan Uang, Jerat Hukum Upal Didapat

Niat balas dendam karena tertipu dukun penggandaan uang malah membuat pria Sragen terjerat hukum karena kepemilikan upal atau uang palsu.

Tampil Pukul 21.00 WIB, PSIM Jogja Butuh Adaptasi Main Malam

PSIM Jogja harus menyesuaikan diri dengan kondisi lampu dan rumput karena akan tampil pada pukul 21.00 WIB.

Soal Mandalika, Mick Doohan: Saya Takut Bedakan Balapan atau Liburan

Mantan juara dunia MotoGP, Mick Doohan komentari Sirkuit Mandalika bikin bingung bedakan balapan atau liburan.

Buat Penyuka Pedas, Berani Coba Botok Mercon Mbah Wiro?

WM Bothok Mercon Mbah Wiro di timur Jembatan Gawan perbatasan Tanon-Sidoharjo, Sragen, cukup populer di kalangan pecinta kuliner pedas.

Preview Persis Solo vs AHHA PS Pati: Motivasi Tinggi Laskar Sambernyawa

Latihan taktik dan strategi khusus sudah disiapkan tim pelatih Persis Solo untuk mengalahkan AHHA PS Pati FC.

Huawei Luncurkan Tablet Edisi Anak Harga Rp2 Jutaan

Tablet khusus anak harga Rp2 jutaan diluncurkan oleh Huawei.

Ini Tantangan Lulusan ITNY Menjelang Revolusi Industri 5.0

Mahasiswa lulusan ITNY menghadapi sejumlah tantangan dan peluang menjelang Revolusi Industri 5.0.

Besok Liga 2 Dimulai, PT LIB Gelar Tumpengan di Stadion Manahan Solo

PT LIB juga memastikan Stadion Manahan siap untuk menghelat pembukaan Liga 2 2021 sekaligus sebagai venue Grup C.

Bimsalabim! Lahan Tidur Di Jangglengan Sukoharjo Disulap Jadi Produktif

Pemerintah Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter mengoptimalkan lahan tidur di sekitar rawa-rawa untuk ditanami holtikultura.

Eh, Sudah Ada Balapan di Sirkuit Mandalika November Nanti

Jadwal balapan Superbike di Sirkuit Mandalika sudah terpampang di laman resmi WSBK.

Azis Syamsuddin Mundur dari Wakil Ketua DPR, Golkar Siapkan Pengganti

Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, memiliki hak prerogatif untuk menunjuk pengganti Azis Syamsuddin di kursi Wakil Ketua DPR RI.

Jangan Sampai Terlambat Jadi Peserta BPJS Kesehatan, Ini Alasannya

BPJS Kesehatan ini bisa digunakan untuk berobat, baik rawat jalan maupun rawat inap di fasilitas kesehatan oleh peserta.