SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

TEXAS-Peneliti dari University of Texas, Jeffrey E. Barrick  mempercayai jika bakteri “kecanduan” kafein bisa digunakan sebagai obat bioproduction di daerah yang terdekontaminasi air limbah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti diwartakan UPI, Selasa (2/4/2013) senyawa kimia kafein telah menjadi polutan air yang signifikan jika digunakan secara luas pada kopi, minuman ringan, teh, minuman energi, coklat dan obat-obat tertentu. Selain itu, bakteri pada kafein bisa digunakan untuk membersihkan lingkungan yang terkontaminasi.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara berdasarkan penelitian lainnya, para ilmuwan telah mengetahui bakteri tanah alami, Pseudomonas putida CBB5, dapat bertahan hidup hanya pada kafein. Hal inilah yang mendorong tim Barrick melakukan transfer kemampuan genetik untuk memetabolisme kafein ke dalam E. coli.

Alhasil bakteri harfiah kecanduan kafein, kata para peneliti, bisa memiliki aplikasi di luar rehabilitasi lingkungan. Peneliti juga menggunakannya sebagai sensor untuk mengukur kadar kafein dalam minuman, dalam pemulihan kaya nutrisi produk samping pengolahan kopi dan untuk menghemat pembiayaan obat-obatan bioproduction.

Adapun penelitian mereka telah dipublikasikan dalam American Chemical Society Biology ACS jurnal Sintetis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya