Wow! Awan Topi Juga Muncul di Puncak Merapi, Terpantau di Boyolali-Klaten
Penampakan awan topi di puncak Gunung Merapi, Kamis (5/11/2020). (Twitter/@VolcanoYTz)

Solopos.com, BOYOLALI – Fenomena alam berupa awan topi juga muncul di puncak Gunung Merapi, Kamis (5/11/2020) pagi. Awan berbentuk tak biasa itu terpantau dari wilayah Boyolali hingga Klaten, Jawa Tengah.

Kemunculan awan topi di puncak Merapi itu diabadikan dalam foto unggahan pengguna akun Twitter @VolcanoYTz. "Visual Gunung Merapi pagi ini dengan latar belakang awan lenticular," demikian keterangan pada cuitan tersebut.

Awan Topi Muncul di Puncak Lawu, BMKG: Awas Turbulensi!

Foto tersebut memperlihatkan gumpalan awan putih pekat di sekitar puncak Gunung Merapi. Awan tersebut merupakan jenis awan lenticular yang biasa terjadi di wilayah pegunungan dengan bentuk seperti caping.

"Awan lenticular memang biasa terjadi adalah di puncak atau daerah pegunungan. Bentuknya memang seperti caping gunung itu terjadi karena adanya adveksi biasanya itu kabut yang terangkat ke atas menjadi awan-awan lenticular," jelas Agus Riyanto, Kepala BMKG Yogyakarta, seperti dilansir Detik.com.

Warga Dengar Suara Benturan & Lihat Kilat Saat Kecelakaan Truk Boks Terjadi di Tawangmangu

Dia menegaskan awan tersebut pada dasarnya tidak berbahaya bagi manusia. Tetapi, fenomena alam itu berbahaya bagi penerbangan karena menyebabkan turbulensi.

"Kemunculan awan Lenticularis ini merupakan pertanda keberadaan gelombang gunung. Gelombang gunung ini akan dapat menyebabkan terbentuknya turbulensi yang berbahaya bagi penerbangan," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Semarang Iis W Harmoko.

Kisah Makeup Artist Asal Wonogiri Jadi Penyintas Covid-19 

Diberitakan sebelumnya, fenomena awan topi bukan hanya muncul di puncak Merapi, melainkan juga di Gunung Lawu. Fenomena alam tersebut diabadikan salah seorang warga bernama Rika Verry Kurniawan.

Dia mengabadikan awan topi di puncak Lawu dalam foto yang diambil pada Kamis pagi pukul 05.40 dalam perjalanannya dari Magetan, Jawa Timu, menuju ke Solo. Foto itu diambil di wilayah Gondosuli, Tawangmangu.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom