SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, WASHINGTON–Para astronot yang menginginkan makan selada segar akan segera punya peluang menanamnya sendiri di luar angkasa karena menurut situs Space.com, NASA tengah mengirim perkebunan mini ke luar angkasa.

Perusahaan pesawat luar angkasa SpaceX yang pada 14 April meluncurkan misi kargo Dragon  ke Stasiun Luar Angkasa Internasional membawa kabin pertumbuhan tanaman kecil yang dibangun khusus agar para astronot bisa menanam selada “outredgeous” di orbit luar angkasa.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Tujuan dari eksperimen Veg – 01 yang dijuluki “Veggie” adalah untuk melihat seberapa baik tanaman tumbuh di
orbit.

Ekspedisi Mudik 2024

Jika tes awal berjalan dengan baik dan sayur tersebut terbukti aman dikonsumsi, maka ilmuwan berharap untuk memperluas menu itu.

“Veggie akan menyediakan sumber daya baru bagi astronot Amerika Serikat dan para peneliti begitu kita mulai mengembangkan kemampuan menumbuhkan produk segar dan tanaman besar lain di stasiun luar angkasa,” kata Gioia Massa, ilmuwan NASA untuk Veggie.

Letaknya ada di bagian premium pesawat ruang angkasa dan juga di stasiun luar angkasa.

Ketika sudah sepenuhnya diluncurkan, kira-kira setinggi 1,5 kaki, membuatnya jadi ruang tanaman terbesar saat ini.

Versi ruang tanaman itu telah diuji di darat, di mana selada dan lobak telah berhasil ditumbuhkan di laboratorium sains Pusat Luar Angkasa Kennedy.

Veggie dikembangkan oleh Madison, Korporasi Teknologi Orbit yang berbasis di Wis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya