SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA—Pascaamandemen UUD 1945, kewenangan MPR tak lagi kuat seperti sebelumnya. Namun, itu bukan berarti anggaran mereka kecil. Selama 2011 Taufik Kiemas Cs mendapat alokasi hingga Rp34 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Alokasi anggaran yang terbesar diperuntukan untuk kunjungan kerja pimpinan MPR ke daerah sebesar Rp10,6 miliar dan perjalanan ke negara sahabat (LN) sebesar Rp9 miliar,” kata Koordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Uchok Sky Khadafy di Jakarta, Senin (26/12).

Selain itu, Fitra menyebutkan anggaran total Rp34 miliar itu diperuntukkan untuk penerimaan delegasi atau tamu MPR dari luar negeri sebesar Rp3,2 miliar, penerimaan tamu atau delegasi dalam negeri Wakil Ketua MPR sebesar Rp2,8 miliar, anggaran pengawalan pimpinan MPR sebesar Rp1,2 miliar.

Fitra yang merujuk dari Keppres No.26 tahun 2010 tentang Rincian Anggaran Pemerintah Pusat Tahun Anggaran 2011 itu juga menyebutkan angka sebesar Rp1,1 miliar untuk pertemuan tahunan dengan lembaga negara, Rp678 juta untuk penerimaan tamu atau delegasi dalam negeri Ketua MPR. Selain itu, sebesar Rp233,5 juta digunakan untuk konsultasi Pimpinan MPR dengan Lembaga Negara.

Uchok menyebutkan, anggaran lainnya yang cukup fantastis berupa anggaran untuk pemuatan rubrik dan liputan kegiatan pimpinan sebesar Rp3,6 miliar, dan pemuatan berita foto kegiatan pimpinan sebesar Rp432 juta sebagai bukti bahwa pimpinan mempunyai kegiatan rutin.

“Walaupun hanya dikatakan sebagai pemborosan dan tidak jelas apapun hasilnya buat rakyat,” ujarnya.(Harian Jogja/Wahyu Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya