SOLOPOS.COM - Salah satu deorama manusia purba di Ambarrukmo Plaza, Kamis (29/11/2012). (Andreas Tri Pamungkas/JIBI/Harian Jogja)

Salah satu deorama manusia purba di Ambarrukmo Plaza, Kamis (29/11/2012). (Andreas Tri Pamungkas/JIBI/Harian Jogja)

JOGJA—Tak perlu jauh- jauh ke Sangiran, Sragen, Jawa Tengah untuk melihat manusia purba. Museum Purba Sangiran menggelar pameran di Ambarrukmo Plaza, dari 29 November sampai 2 Desember 2012.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setidaknya terdapat 30 item yang dipamerkan, mulai dari fosil binatang dan tengkorak manusia purba, serta replika manusia purba. Selain itu juga disajikan sejarah manusia purba melalui video yang ditayangkan dengan monitor besar.

Tampak pada hari pertama pameran kemarin, pengunjung mulai memadati stand pameran yang berada di lantai tiga tersebut. Beberapa pengunjung memilih berfoto- foto di deretan replika manusia purba.

Kasi Pengembangan Rusmulya Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran mengatakan pameran sengaja dilakukan di mall karena di pusat perbelanjaan banyak pengunjung sehingga mereka dapat sekaligus berkunjung ke pameran.

“Tak perlu jauh-jauh ke Sangiran,” katanya.

Pameran itu juga dimaksud untuk semakin mengenalkan museum Sangiran, karena selama ini jumlah kunjungan sangat minim.

Dalam sejarahnya, pada 1,5 juta tahun terakhir, manusia purba Homo Erectus telah menorehkan cerita panjang di padang tandus Sangiran.

Sejak ditemukan oleh G.H.R Von Koenigswald pada 1934, Sangiran telah menjadi pusat perhatian dunia, karena temuan di Sangiran mampu memberikan gambaran jelas mengenai evolusi budaya, fauna, flora, dan yang paling penting manusia. Karenanya, situs Sangiran ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh Unesco pada 5 Desember 1996.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya