SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

kayak oru (dailymai.co.uk)

CALIFORNIA – Seni melipat kertas atau origami merupakan salah satu hobi paling populer di dunia. Berangkat dari ide praktis origami, seorang arsitek asal California yang juga pecinta olahraga kayak, Anton Wilis, menciptakan desain kayak origami.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Seperti dilansir Daily Maili, Jumat (2/11/2012), kayak sepanjang 3,6 meter bisa dilipat menjadi 80×72 cm dan berbobot sekitar 12,5 kg, sehingga bisa ditenteng dengan mudah ke mana pun layaknya sebuah tas besar. Wilis, 36, mulai mencari ide mengenai desain kayak yang praktis setelah dirinya harus membayar biaya tambahan untuk menyimpan kayak konvensional di apartemennya.

kayak oru yang bisa dilipat layaknya tas (dailymail.co.uk)

Maka, kayak yang kemudian diberinya nama “Oru” ini tercipta.

Wilis mengklaim hanya dibutuhkan waktu sekitar lima menit untuk merakit kayak origami itu hingga menjadi kayak utuh layaknya kayak konvensional.

“Saya dibesarkan di pedesaan California Utara dan biasa menggunakan kayak di sungai dan pantai. Ketika saya pindah ke kota beberapa tahun lalu, saya harus menyimpan kayak saya karena tidak akan cocok di apartemen.”

“Pada saat yang sama, saya membaca sebuah artikel majalah tentang kemajuan baru dalam seni dan ilmu origami. Saya mulai berpikir soal kemungkinan perahu yang bisa melipat seperti sepotong kertas,” imbuhnya.

kayak oru (daily mail)

Kayak Oru ciptaan Wilis dibuat dari dari lembaran tunggal plastik bergelombang. “Ini sangat tangguh dan tahan lama, serta ringan. Kami telah mengujinya dalam kondisi ekstrim, termasuk selancar di laut dan tidak pernah punya masalah.”

Selain praktis dan ekonomis, Willis mengklaim produknya ramah lingkungan karena merupakan produk daur ulang. Willis juga menjamis kayaknya bisa awet dan layak pakai hingga 20.000 kali lipatan ulang.

Kayak Oru ini baru akan dirilis ke pasaran pada Minggu (14/11/2012). Bagi yang berminat, bisa mengklik Kickstarter.com untuk mendapatkan Kayak Oru ini seharga 500 poundsterling atau sekitar Rp7,25 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya