SOLOPOS.COM - Kegiatan Hult Prize on Campus Program

Solopos.com, SALATIGA–Gelaran Hult Prize on Campus Program di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) baru saja usai.

Tiga pemenang diumumkan dalam acara Closing and Awarding bertemakan Be The Next Social Entrepreneur and Lead The Change, belum lama ini.

Keluar sebagai 1st Winner adalah kelompok Karya Satu Bangsa yang beranggotakan Fredrick Gunawan dan Stevan Hamonangan Hardi (keduanya mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI), Requel Dionisia Wairisal (mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) dan Bernadeta Adriana Sandra Jeconiah (mahasiswa Fakultas Hukum).

Baca Juga: Mantapkan Langkah Menuju Unggul, UKSW Gelar Pelatihan Auditor Mutu

Kelompok ini membuat produk bisnis berbentuk website yang disebut Berkarya untuk membantu pengguna menemukan bidang pekerjaan yang sesuai dengan potensinya.

Website yang dapat diakses di karyasatubangsa.com ini juga dilengkapi berbagai layanan lainnya.

Sementara itu, berhasil menjadi 1st Runner Up adalah kelompok Niangnez yang terdiri atas dari Nico Arthur Kadang, Angel Lumbantoruan, dan Venezia Happy Tatontos, ketiganya mahasiswa FEB.

Sedangkan 2nd Runner Up diraih kelompok Gifted Group yang beranggotakan Benedicta Sabat Yusdy Supriyanto, Berbika Ruth Elasandi dan Agastia Fais Fachrizki yang juga mahasiswa FEB.

Vice Campus Director for Corporate and Public Relations Hult Prize at UKSW, Sherin Natasya Priscilla, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (18/3/2022) mengungkapkan Hult Prize on Campus Program adalah tahap awal kompetisi Hult Prize, yang telah dilaksanakan mulai Januari tahun ini.

Rangkaian ini diawali dengan tahap seleksi abstrak bussines team untuk dipilih Top 5 Finalist untuk mengikuti mentoring, training session dan diakhiri dengan Final Pitching.

Baca Juga: UKSW Jalin Kerja Sama dengan Universitas Halmahera, Ini Tujuannya

“Dalam tahap Final Pitching ini, Top 5 Finalist yaitu Gifted Group, Light Up The Sky, Sansiote Sampate-Pate, Niangnez dan Karya Satu Bangsa. Mereka membawakan ide bisnisnya di depan tiga juri yang memiliki pengalaman dan ahli dalam bidangnya, yang selaras dengan tema Hult Prize 2022 Getting The World Back To Work,” jelas dia.

Campus Director Hult Prize at UKSW Annona Ramadhanti menuturkan kelompok Karya Satu Bangsa dan Niangnez akan mewakili UKSW dalam ajang Regional Summits Hult Prize 2022 yang akan berlangsung pada 20 sampai 28 Mei 2022 mendatang.

UKSW Salatiga
Kegiatan Hult Prize on Campus Program

“Keduanya saat ini tengah menjalani persiapan mentoring. Mentoring yang diberikan berupa bimbingan terkait pematangan ide bisnis, financial projection, serta pitching training yang diberikan tim Hult Prize UKSW didukung dosen-dosen juga,” terang Annona.

Annona menyampaikan dirinya berharap kedua tim ini bisa berjuang dan memberikan yang terbaik di tahap Regional Summits.

“Tidak hanya sebagai perwakilan dari UKSW dan Indonesia untuk bisa memenangkan sebuah kompetisi bisnis, tetapi juga sebagai individu-individu yang memiliki keinginan untuk bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar sesuai dengan visi misi Hult Prize itu sendiri. Sehingga, apabila mereka tidak bisa lolos ke tahap Global Accelerator pun mereka tetap bisa melanjutkan ide bisnis yang telah dibuat dan terus berusaha membuat perubahan bagi dunia,” imbuh dia.

Annona menyampaikan pada 2020 lalu, 3 tim pemenang kegiatan On Campus Program UKSW berhasil masuk ke tahap Regional Summits meskipun belum lolos ke tahap Global Accelerator. Peraih juara pertama yaitu kelompok Etc. Inc: Eat & Change berkompetisi di Melbourne, Australia; sedangkan juara kedua yaitu Tanjipan Team berkompetisi di Bangkok, Thailand; serta juara ketiga kelompok Banana Squad berkompetisi di Bandung.

Baca Juga: Kisah Bapak dan Anak Raih Cumlaude dan Lulus Bersamaan di UKSW

Hult Prize adalah kompetisi ide bisnis atau start up yang mempunyai visi Leading a Generation to Change The World dengan total hadiah US$1.000.000 bagi pemenang global. Kompetisi ini dibagi dalam 4 tahapan, yakni On Campus Program, Regional Summits, Global Accelerator dan yang terakhir Global Finals.

Di UKSW sendiri, kegiatan Hult Prize ada di bawah koordinasi Biro Kerja Sama dan Hubungan Internasional (BKHI).

Rekomendasi
Berita Lainnya