SOLOPOS.COM - Puncak gunung Merapi mengeluarkan asap putih terlihat dari Balerante, Kemalang, Klaten, Kamis (10/3/2022). (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, KLATEN – Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten menggelar peringatan World Tourism Day di kawasan lereng Gunung Merapi, Kamis (29/9/2022). Kegiatan bakal diisi dengan pentas tari serta tanam pohon.

Lokasi kegiatan berada di Taman Ledoksari Desa Balerante, Kecamatan Kemalang. Pada kegiatan itu diadakan atraksi budaya berupa pentas tari serta penanaman sekitar 2.000 pohon.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Disbudporapar Klaten, Sri Nugroho, mengatakan World Tourism Day sudah diperingati untuk ke-42 kali. Di tingkat nasional, puncak peringatan tersebut digelar di Bali.

“Untuk di Klaten kami menggelar di Balerante. Nanti dihadiri Forkopimda, OPD, serta camat,” jelas Sri Nugroho saat dihubungi Solopos.com, Kamis (29/9/2022).

Sri Nugroho menjelaskan pada peringatan World Tourism Day kali ini bertajuk Pariwisata Klaten Siap Pulih. Tema itu diangkat sekaligus mendorong pariwisata di Kabupaten Bersinr bangkit lagi setelah terdampak pandemi Covid-19.

“Setelah pandemi dan sempat objek wisata sempat lockdown, sekarang di PPKM level 1 pariwisata bisa bangkit lagi,” kata Nugroho.

Disinggung pemilihan lokasi di Balerante, Sri Nugroho menjelaskan selain mendukung penghijauan di kawasan lereng Gunung Merapi, kegiatan itu sekaligus untuk mengenalkan potensi alam di lereng Merapi wilayah Klaten.

Nugroho menjelaskan belakangan kawasan lereng Gunung Merapi menjadi daya tarik wisata dan dikembangkan dari Pokdarwis maupun Desa Wisata.

“Kami dari kabupaten mendukung bangkitnya pariwisata di sabuk Merapi itu salah satunya dengan mengedukasi para pelaku pariwisata,” jelas Nugroho.

Ada sejumlah destinasi wisata di lereng Gunung Merapi wilayah Klaten. Seperti di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang dengan keindahan kawasan Dukuh Girpasang dan sekitarnya serta kini terdapat jembatan gantung serta gondola.

Di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang terdapat kawasan Deles Indah serta di Desa Balerante terdapat kawasan Kali Talang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya