SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pasangan Arya/Edi saat tampil di kejuaraan Asia Junior 2012. JIBI/SOLOPOS/Googleimages

CHIBA—Indonesia berharap pada pasangan ganda putra Arya Maulana Aldiartama/Edi Subaktiar dalam World Junior Championships 2012 di Chiba, Jepang, 25 oktober-3 November 2012. Pasangan juara Asia Junior ini diharapkan mampu memberikan torehan sempurna baik di kategori beregu maupun perorangan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Melihat materi pemain di ganda putra, kami optimistis bisa mengamankan poin,” ujar pelatih ganda putra Indonesia, Sigit Budiarto dilansir pb-pbsi.org, Rabu (24/10/2012).

Selain Arya/Edi, Sigit juga memiliki andalan lain di ganda putra. Pasangan semifinalis Indonesia Open Grand Prix Gold 2012, Hafiz Faisal/Putra Eka Rhoma serta pasangan Kevin Sanjaya Sukamulyo/Rafiddias Akhdan Nugroho akan menjadi tumpuan.

Sigit menambahkan, saat ini yang menjadi perhatian tim pelatih lebih pada kesiapan mental pemain, terutama dalam kategori beregu. Berbeda dengan nomor perorangan, pada beregu biasanya beban yang dimiliki lebih berat, apalagi jika pemain menjalani partai penentuan.

Salah satu contoh adalah ketika Arya/Edi tampil menghadapi ganda asal Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko pada perempat final beregu Asia Junior 2012. Saat itu Arya/Edi sempat dibuat kerepotan atas pasangan Jepang, meski level keduanya berbeda jauh.

Karenanya, para pelatih telah menyiapkan strategi khusus untuk mengantisipasi hal ini. “Saya sudah melakukan pendekatan dengan Arya supaya kalau turun di beregu, jangan terlalu tegang. Pertandingan beregu memang pressure-nya berbeda dengan perorangan, jangankan yang junior, yang senior saja sering kewalahan,” imbuh Sigit.

Pertandingan beregu akan dimulai pada tanggal 25-28 Oktober 2012. Format pertandingan beregu yang dipakai adalah beregu campuran seperti pada format Piala Sudirman yang memainkan nomor tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran.

Sedang nomor perorangan akan dimainkan pada setelahnya, yakni pada 30 Oktober-3 November. Pada 29 Oktober, para peserta diberikan rehat sehari, di mana malam harinya akan digelar acara Welcome Party.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya