Pemain Nigeria Kelechi Iheanacho (10) menciptakan gol kedua ke gawang Meksiko (JIBI/FIFA.com)

PromosiMali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Pemain Nigeria Kelechi Iheanacho (10) menciptakan gol kedua ke gawang Meksiko (JIBI/FIFA.com)

Ekspedisi Mudik 2024

Solopos.com, ABU DHABI — Nigeria akhirnya menjadi juara dunia Wolrd Cup U-17 2013 untuk kali keempat, setelah dalam pertarungan bertensi tinggi menaklukkan juara bertahan Meksiko di Mohammad Bin Zayed Stadium, Abu Dhabi dengan skor 3-0 yang berakhir Sabtu (9/11/2013) dini hari WIB.

Begitu peluit tanda dimulainya pertandingan, kedua tim saling serang. Diawali Nigeria yang memperoleh kesempatan kick off, bola langsung diumpan ke daerah pertahanan lawan. Namun Meksiko mampu merebut bola dan melakukan serangan balik.

Delapan menit pertama, Meksiko bahkan dua kali mempunyai kesempatan menciptakan gol. Namun kiper Nigeria Dele Alampasu bermain cemerlang, mampu menepis bola yang ditendang pemain Meksiko dengan arah yang sudah sangat tepat.

Nigeria justru akhirnya yang memecah kebuntuan, setelah pada menit ke 9 timnas berjuluk Elang Super melakukan serangan balik secara cepat. Bola dari daerah pertahanan Nigeria diumpan jauh ke arah pertahanan Meksiko. Tiga penyerang Nigeria yang sduah berada di depan, hanya dihadapi dua pemain belakang Meksiko.

Striker utama Nigeria Taiwo Awoniyi yang memperoleh bola menggiring dengan cerdik, setelah masuk ke kotak penalti bola diumpankan kepada pemain tengah yang maju ke depan Musa Yahaya.

Gelandang tengah Meksiko Eric Aguirre yang berusaha menghalangi Yahaya, justru menendang bola ke gawang sendiri. Kiper Meksiko Raul Gudino gagal mengantisipasi bola yang mengarah deras ke gawangnya, gol 1-0 untuk Nigeria.

Meksiko sepanjang laga yang disiarkan langsung TVOne itu sebenarnya lebih dominan dengan menguasai 51% bola. Namun strategi serangan balik yang diterapkan Nigeria terlihat ampuh merepotkan barisan pertahanan Meksiko.

Di babak kedua, saling serang terus berlangsung. Meksiko maupun Nigeria beberapa kali mempunyai kesempatan menciptakan gol. Namun hingga menit ke 55, tak satupun gol tercipta.

Semenit kemudian, Nigeria yang bermain taktis dengan umpan-umpan pendek kembali mengejutkan Meksiko ketika tendangan jarak jauh bek Nigeria Musa Muhhamed dari luar kotak penalti menyasar deras tepat ke arah gawang Meksiko yang dijaga Raul Gudino. Bola diblok, memantul ke arah pemain Nigeria Kelechi Iheanacho yang sudah berada persis di depan gawang dan langsung menyontek bola itu, gol. 2-0 untuk Nigeria.

Menit ke 80 jaring Gudino kembali bergetar ketika bola tendangan bebas Musa Muhammed dari luar kotak penalti menembus pojok atas gawang Meksiko sehingga menambah keunggulan bagi Nigeria 3-0. Nigeria pun menjadi juara dunia sepak bola U-17. (Mulyanto Utomo/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi