SOLOPOS.COM - Kepala Wilayah Daihatsu Jawa Tengah dan DIY PT Astra Internasional Tbk - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) David Gunawan (kiri) seusai menyerahkan piagam penghargaan kepada jurnalis peserta workshop otomotif bagi media di Kantor Astra International Daihatsu Jl. Majapahit, Kota Semarang Jumat (19/2/2016) (Insetyonoto/JIBI/Semarangpos)

Workshop otomotif Semarang digelar Daihatsu bagi para jurnalis Jateng dan DIY.

Semarangpos.com, SEMARANG-PT Astra Daihatsu Motor (ADM) agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia menyelenggarakan workshop seputar dunia otomotif kepada jurnalis di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Kegiatan workshop diikuti 13 jurnalis dari media massa di Jogja, Semarang, dan Solo berlangsung di Kantor Astra International Daihatsu Jl. Majapahit, Kota Semarang selama dua hari, Kamis-Jumat (18-19/2/2016). Pada hari pertama, Marketing Product Planning Department Head PT ADM Priyo Wisaksono memberikan penjelasan tentang company profile ADM, gambaran kondisi pasar terkini industri otomotif di Indonesia dan dunia, serta brand performance, segementasi mobil di Indonesia, serta tren regulasi otomotif dunia.

“Segmen mobil secara umum dibagi menjadi dua yakni mobil penumpang dan niaga. Mobil penumpang terdiri dari MPV, SUV, city car, dan sedan, sedangkan mobil niaga terdiri dari pikap, truk, dan bus,” paparnya.

Di hari kedua jurnalis mendapat penjelasan mengenai wawasan dasar (basic knowledge) otomotif meliputi komponen-komponen penting dan fungsinya pada kendaraan. Serta penjelasan pentingnya perawatan sebuah kendaraan.
Kepala Wilayah Daihatsu Jawa Tengah dan DIY PT Astra Internasional Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) David Gunawan mengatakan, melalui kegiatan workshop otomotif Daihatsu para jurnalis memiliki bekal pemahaman yang kuat mengenai industri otomotif.

“Kami berharap melalui kegiatan workshop ini sahabat jurnalis memiliki bekal otomotif dan mampu mengaplikasikan kemampuan dasar otomotif, merawat kendaraan, dan teknik menghadapi kondisi darurat. Kami juga mengucapkan terima kepada sahabat jurnalis yang selama ini telah memberikan dukungan kepada Daihatsu,” ujar David.

Sementara itu, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra memaparkan prestasi Daihatsu pada penjualan 2015 berhasil meraih wholesales (data penjualan kendaraan dari pabrik ke distributor) sebanyak 167.808 unit dan retail sales (data penjualan kendaraan dari distributor ke konsumen) sebanyak 166.567 unit.

“Dengan pencapaian ini Daihatsu memantapkan diri diperingkat dua volume dan pangsa pasar otomotif nasional selama tujuh tahun terakhir, 2009 hingga 2015”, ungkap dia.

Amelia menambahkan mengawali 2016 pencapaian Daihatsu cukup baik, yakni untuk retal sales sebanyak 14.505 unit kendaraan dan wholesales sebanyak 13.184 unit kendaraan.

“Kontribusi penjualan terbesar masih Gran Max sebesar 39 persen, disusul great New Xenia sebesar 24 persen, dan Ayla sebesar 24 persen,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya